Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN Nanga Bulik 6 Kabupaten Lamandau

Authors

  • Icha Timart Diany Sinaga Sekolah Dasar Negeri Nanga Bulik 6 Kabupaten Lamandau
  • Netto W. S. Rahan Universitas Palangka Raya
  • Abdul Rahman Azahari Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/jem.v3i1.4286

Keywords:

Kahoot, media pembelajaran, motivasi belajar

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran kahoot terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas IV SDN Nanga Bulik 6, Kabupaten Lamandau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi penelitian berjumlah 138 siswa dan sampel penelitian 56 siswa. Jenis penelitiannya adalah quasi experiment menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kenaikan motivasi belajar sebesar 14,62% (94,04>82,04) pada kelas eksperimen dan sebesar 2,75%  (83,79>81,54) pada kelas kontrol. Berdasarkan nilai signifikansi pengujian hipotesis disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif dari variabel media pembelajaran kahoot terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas IV SDN Nanga Bulik 6, Kabupaten Lamandau.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-03-16

How to Cite

Icha Timart Diany Sinaga, Netto W. S. Rahan, & Abdul Rahman Azahari. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN Nanga Bulik 6 Kabupaten Lamandau. Journal of Environment and Management, 3(1), 55–61. https://doi.org/10.37304/jem.v3i1.4286