Implementasi Program Adiwiyata di Sekolah Dasar Santa Maria Kota Palangka Raya

Authors

  • Melga Hotma Ida Marsauli Simanjuntak Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kalimantan Tengah
  • Gunarjo Suryanto Budi Universitas Palangka Raya
  • Yula Miranda Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/jem.v3i1.4292

Keywords:

Implementasi, program Adiwiyata, faktor pendukung, faktor penghambat

Abstract

SD Santa Maria di Palangka Raya dikenal sebagai sekolah dengan sejumlah prestasi membanggakan serta memiliki pelayanan pendidikan yang baik. Pada tahun 2018 SD Santa Maria Palangka Raya meraih penghargaan sekolah Adiwiyata Nasional dan saat ini sedang dalam persiapan mengikuti Adiwiyata mandiri.  Seriring meningkatnya kepedulian terhadap lingkungan, termasuk di sekolah, penelitian ini bertujuan mengetahui impmentasi program Adiwiyata di SD Santa Maria beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Hasil penelitian diharapkan menjadi bahan refleksi bagi sekolah lainnya dalam melaksanakan program serupa dan menjadi masukan untuk meningkatkan kinerja SD Santa Maria. Penelitian bersifat deskriptif kualitatatif dan melibatkan 10 orang responden kunci dari internal sekolah. Implementasi program adiwiyata mengacu pada empat komponen yaitu pengembangan kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, implementasi kurikulum berwawasan lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan sarana pendukung ramah lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Santa Maria telah membuat program-program yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan berbudaya lingkungan, yaitu perumusan visi dan misi berbudaya lingkungan, implementasi kurikulum berwawasan lingkungan, program pengelolaan sampah, Jum’at bersih, penghematan penggunaan listrik, air, dan ATK, serta pengelolaan layanan kantin sekolah. Faktor pendukung yang dominan yaitu, pertama, kerjasama yang baik antara sekolah dengan orang tua/wali siswa, dan masyarakat. Kedua, lingkungan sekolah yang memungkinkan untuk dijadikan ruang terbuka hijau karena memiliki areal luas dan sarana prasana yang mendukung. Faktor penghambat yaitu alokasi dana yang dibatasi pada anggaran sekolah (RKAS), dan kurangnya personil dalam perawatan sarana prasarana.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-03-16

How to Cite

Melga Hotma Ida Marsauli Simanjuntak, Gunarjo Suryanto Budi, & Yula Miranda. (2022). Implementasi Program Adiwiyata di Sekolah Dasar Santa Maria Kota Palangka Raya. Journal of Environment and Management, 3(1), 71–79. https://doi.org/10.37304/jem.v3i1.4292