Pengaruh profesionalisme kerja dan kinerja pegawai melalui kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna layanan Unit Layanan Terpadu Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Kalimantan Tengah
DOI:
https://doi.org/10.37304/jem.v2i3.4388Keywords:
Profesionalisme kerja, kinerja pegawai, kualitas pelayanan, kepuasan pengguna jasaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris tentang pengaruh langsung profesionalisme, kinerja pegawai, kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna jasa pada unit pelayanan terpadu Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Kalimantan Tengah (ULT LPMP Kalimantan Tengah). Alat analisis cerdas PLS digunakan untuk menilai persepsi 87 responden dari data pengunjung LPMP ULT tahun 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, profesionalisme kerja, kinerja karyawan, dan kualitas layanan berpengaruh positif langsung terhadap kepuasan pengguna layanan. Kedua, profesionalisme kerja dan kinerja pegawai berpengaruh positif langsung terhadap kualitas pelayanan, namun profesionalisme kerja tidak berpengaruh langsung terhadap kepuasan pengguna jasa melalui kualitas pelayanan. Terakhir, kinerja karyawan berpengaruh positif langsung terhadap kepuasan pengguna jasa melalui kualitas layanan.