Pengaruh motivasi siswa dan komitmen mengajar guru terhadap efektifitas pembelajaran daring di SDN 2 Baamang Tengah
DOI:
https://doi.org/10.37304/jem.v3i2.5499Keywords:
Motivasi siswa, komitmen guru, pembelajaran online, efektivitasAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa persoalan mendasar yang berkaitan dengan motivasi siswa dan komitmen mengajar guru terhadap efektifitas pembelajaran daring pada siswa SDN 2 Baamang Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi siswa dan komitmen mengajar guru terhadap efektifitas pembelajaran daring pada siswa SDN 2 Baamang Tengah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan korelasional Ekvos Facto. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan Fieled research (penelitian lapangan). Responden dalam penelitian ini adalah siswa SDN 2 Baamang Tengah sebanyak 73 orang. Data primer diperoleh melalui kuisioner dan wawancara. Data sekunder diperoleh melalui jurnal-jurnal dan literatur. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Data dianalisis menggunakan Uji Asumsi Klasik yaitu, melalui uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedasitas, uji autokorelasi dan uji linieritas. Data diolah menggunakan bantuan SPSS versi 26. Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama motivasi siswa (X1) dan komitmen mengajar guru (X2) terhadap efektifitas pembelajaran daring di SDN 2 Baamang Tengah Kecamatan Baamang sebesar 30,5% dengan nilai f hitung 15,354>3,128 dan nilai sig.0,000<0,05. Sedangkan kontribusinya sebesar 30,5%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian ini.