Pemanfaatan media sosial Whatsapp sebagai sarana pembelajaran di PKBM Luthfillah
DOI:
https://doi.org/10.37304/jem.v3i3.5523Keywords:
WhatsApp, sarana pembelajaran, PKBMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media sosial Whatsapp sebagai sarana pembelajaran, beserta faktor pendukung dan penghambatnya dalam pembelajaran di PKBM Lutfillah, Palangka Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah tutor dan peserta didik PKBM Lutfillah yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan melalui melalui wawancara langsung menggunakan pedoman wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penggunaan WhatsApp sebagai media pembelajaran di PKBM Luthfillah belum optimal untuk mendukung proses pembelajaran. Faktor yang mendukung penggunaan WhatsApp sebagai sarana pembelajaran adalah cepat beradaptasinya tutor dan peserta didik serta materi pembelajaran yang disusun dalam modul online, sedangkan faktor penghambatnya adalah waktu belajar peserta didik yang kurang karena kesibukan kerja, kurangnya kedisiplinan peserta, terbatasnya perangkat smartphone, dan terbatasnya jaringan internet. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengalaman belajar tatap muka sangat penting untuk pembelajaran yang efektif, terutama ketika peserta didik menghadapi fasilitas yang tidak memadai.