Hubungan antara pendidikan, pelatihan dan pengalaman mengajar dengan kinerja guru di SDN Kecamatan Murung
DOI:
https://doi.org/10.37304/jem.v3i3.6651Keywords:
Pendidikan, pelatihan, pengalaman mengajar, kinerja guruAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis korelasi antara pendidikan, pelatihan dan pengalaman mengajar dengan kinerja guru yang berstatus PNS di Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya. Variabel penelitian terdiri dari tiga variabel bebas yaitu pendidikan (X1), pelatihan (X2), dan pengalaman mengajar (X3) serta 1 (satu) variabel terikat yaitu kinerja guru (Y). Sampel penelitian sebanyak 117 orang guru. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data hasil penelitian diawali dengan analisis deskriptif, dilanjutkan dengan melakukan Uji Asumsi Klasik dan Uji Hipotesis menggunakan rumus Korelasi Sederhana dan Korelasi Berganda, uji signifikansi menggunakan Uji-t Parsial dan Uji Determinasi untuk mengetahui sumbangan variabel dependent kepada variabel independent. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara variabel pendidikan, pelatihan dan pengalaman mengajar dengan kinerja guru di SDN se-Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya, yang dibuktikan dengan hasil hitung korelasi sederhana yaitu nilai r-hitung variabel: X1 dengan Y = 0,937, X2 dengan Y = 0,933 dan X3 dengan Y = 0,931 semuanya lebih besar dari r-tabel = 0,180 pada taraf kesalahan 5% dan N-2 = 115. Hubungan tersebut signifikan karena nilai t-hitung semua variabel independent (X1 = 28,68, X2 = 27,77, X3 = 27,21) lebih besar dari nilai t-tabel = 1,980.