Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Rata-Rata Lama Sekolah Terhadap Tingkat Penggangguran di Kota Jambi Tahun 2014-2024

Authors

  • Yoega Maulana Joranda Universitas Muhammadiyah Jambi
  • Asrini Asrini Universitas Muhammadiyah Jambi
  • Irmanelly Irmanelly Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52300/jepp.v5i2.21313

Keywords:

Pertumbuhan Ekonomi, Rata-Rata Lama Sekolah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh kedua variabel tersebut secara parsial maupun simultan terhadap tingkat pengangguran di Kota Jambi selama Tahun 2014-2024. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi dan rata-rata lam sekolah secara bersama sama berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengangguran di Kota Jambi. Kemudian untuk uji parsial, hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pengangguran di Kota Jambi. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa rata-rata lama sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pengangguran di Kota Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.
DOI: 10.52300/jepp.v5i2.21313 DOI URL: https://doi.org/10.52300/jepp.v5i2.21313
Views: 24 | Downloads: 39

References

Acemoglu, D., & Robinson, J. A. (2012). Why nations fail: The origins of power, prosperity, and poverty. Crown Publishers.

Aini, Q., & Firmansyah, A. (2021). Pengaruh pendidikan terhadap tingkat pengangguran di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 18(2), 134-149.

Arsyad, L., & Rahmah, S. (2024). Peran sektor informal dalam penyerapan tenaga kerja di perkotaan. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 22(1), 56-71.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2023). Statistik ketenagakerjaan Kota Jambi 2023. BPS Kota Jambi.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2024). *Data pengangguran dan pertumbuhan ekonomi Kota Jambi 2014-2024*. BPS Kota Jambi.

Bappenas. (2022). Rencana pembangunan jangka menengah nasional 2020–2024. Kementerian PPN/Bappenas.

Barro, R. J., & Sala-i-Martin, X. (2004). Economic growth (2nd ed.). MIT Press.

Becker, G. S. (1993). Human capital: A theoretical and empirical analysis with special reference to education (3rd ed.). University of Chicago Press.

Becker, G. S. (2018). Human capital revisited. In S. Lauterbach & K. F. Zimmermann (Eds.), Handbook of the economics of education (pp. 1-28). Elsevier.

Blanchard, O., & Johnson, D. R. (2020). Macroeconomics (8th ed.). Pearson.

Deliarnov, D. (2016). Ekonomi pembangunan. Erlangga.

Desembriarto, D. (2021). Dampak pertumbuhan ekonomi terhadap penyerapan tenaga kerja di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 15(3), 45-60.

Fitriani, F., & Yusuf, M. (2024). Relevansi kurikulum pendidikan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 13(1), 89-105.

Gennaioli, N., La Porta, R., Lopez-de-Silanes, F., & Shleifer, A. (2020). Human capital and regional development. Quarterly Journal of Economics, 128(1), 105-164.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati, D. N. (2015). Dasar-dasar ekonometrika. Salemba Empat.

Hanushek, E. A., & Woessmann, L. (2020). The economic impacts of learning losses. OECD Publishing.

Hidayat, A., & Putri, R. (2019). Pengangguran terdidik: Tantangan dan solusi di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 17(2), 112-128.

Ibrahim, M. (2016). Ekonomi pembangunan. UPP STIM YKPN.

ILO. (2021). World employment and social outlook: Trends 2021. International Labour Organization.

ILO. (2022). Global employment trends for youth 2022. International Labour Organization.

IMF. (2023). World economic outlook: Navigating global divergences. International Monetary Fund.

Irwanto, I., & Andhika, A. (2021). Adaptasi tenaga kerja terhadap transformasi digital. Jurnal Manajemen dan Teknologi, 10(2), 77-92.

Islam, A., & Ghani, E. (2022). Jobless growth in developing economies. World Bank Economic Review, 36(3), 589-612.

Ismail, I., & Anwar, M. (2023). Kesenjangan keterampilan dan pengangguran terdidik di daerah perkotaan. Jurnal Ekonomi Regional, 14(2), 203-220.

Johar, S. (2023). Pengaruh pendidikan terhadap penurunan pengangguran di daerah berkembang. Jurnal Ekonomi dan Sosial, 12(1), 55-70.

Kapsos, S., & Bourmpoula, E. (2020). Employment and economic class in the developing world. ILO Research Paper No. 6.

Kemendikbud. (2023). Data pokok pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kuncoro, M. (2020). Ekonomi pembangunan: Teori, masalah, dan kebijakan. UPP STIM YKPN.

Lee, J., & Lee, H. (2019). Jobless growth in Asia: Evidence from panel data. Asian Development Review, 36(1), 1-28.

Lucas, R. E. (1988). On the mechanics of economic development. Journal of Monetary Economics, 22(1), 3-42.

Mankiw, N. G. (2021). Macroeconomics (11th ed.). Worth Publishers.

McMillan, M., & Rodrik, D. (2020). Globalization, structural change, and productivity growth. In M. Bacchetta & M. Jansen (Eds.), Making globalization socially sustainable (pp. 49-84). WTO/ILO.

Mulyadi, M. (2020). Analisis pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap pengangguran di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik, 8(1), 33-48.

Ningrum, D. (2019). Pendidikan dan pengangguran: Studi kasus di Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(1), 67-82.

North, D. C. (1990). Institutions, institutional change and economic performance. Cambridge University Press.

OECD. (2021). *Employment outlook 2021: Navigating the COVID-19 crisis and recovery*. OECD Publishing.

OECD. (2022). Economic outlook. OECD Publishing.

OECD. (2023). OECD employment outlook 2023: Artificial intelligence and the labour market. OECD Publishing.

Permana, D., & Wibowo, A. (2021). Kualitas pendidikan dan kesempatan kerja formal. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 16(2), 112-125.

Pratama, A., & Sari, R. (2022). Struktur ekonomi dan penyerapan tenaga kerja di daerah. Jurnal Ekonomi Pembangunan Daerah, 11(1), 45-60.

Prawoto, N. (2021). Pengantar ekonomi pembangunan. UPP STIM YKPN.

Psacharopoulos, G. (2018). Returns to investment in education: A decennial review of the global literature. World Bank Policy Research Working Paper No. 8402.

Psacharopoulos, G. (2022). Education and economic growth: A global perspective. Journal of Development Economics, 158, 102-120.

Psacharopoulos, G., & Patrinos, H. A. (2018). Returns to investment in education: A further update. Education Economics, 26(5), 445-458.

Rizal, M., & Firdaus, M. (2021). Produktivitas dan penyerapan tenaga kerja di sektor industri. Jurnal Ekonomi dan Industri, 19(3), 201-215.

Romer, P. M. (1990). Endogenous technological change. Journal of Political Economy, 98(5), S71-S102.

Romer, P. M. (1994). The origins of endogenous growth. Journal of Economic Perspectives, 8(1), 3-22.

Sihombing, E. (2021). Pengaruh pertumbuhan ekonomi dan inflasi terhadap pengangguran. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 14(2), 89-104.

Smith, A. (2020). The wealth of nations. (Original work published 1776).

Sugiyono. (2023). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukirno, S. (2016). Makroekonomi: Teori pengantar. RajaGrafindo Persada.

Sukirno, S. (2019). Ekonomi pembangunan: Proses, masalah, dan dasar kebijakan. Kencana.

Suryahadi, A., Izzati, R. A., & Suryadarma, D. (2022). *The impact of COVID-19 on labor markets in Indonesia*. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 58(1), 37-60.

Syabrina, M., Hidayat, A., & Nurbaiti, A. (2021). Teori pertumbuhan ekonomi neoklasik dan relevansinya di era digital. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 20(1), 78-95.

Tambunan, T. (2022). Perekonomian Indonesia: Teori dan temuan empiris. Ghalia Indonesia.

Todaro, M. P., & Smith, S. C. (2020). Economic development (13th ed.). Pearson.

UNDP. (2022). *Human development report 2021/2022: Uncertain times, unsettled lives*. United Nations Development Programme.

UNDP. (2023). Human development index (HDI). United Nations Development Programme.

UN DESA. (2023). World population prospects 2022. United Nations Department of Economic and Social Affairs.

UNESCO. (2021). *Global education monitoring report 2021/2: Non-state actors in education*. UNESCO Publishing.

Wahyudi, S. (2020). Pendidikan kewirausahaan dan penciptaan lapangan kerja mandiri. Jurnal Kewirausahaan dan Inovasi, 9(2), 101-118.

WHO. (2022). Mental health and work: Impact, issues and good practices. World Health Organization.

World Bank. (2021). World development report 2021: Data for better lives. World Bank.

World Bank. (2022). World development report 2022: Learning to realize education's promise. World Bank.

World Bank. (2023). World development report 2023: Migrants, refugees, and societies. World Bank.

Downloads

Published

2025-10-30