INDUSTRI HALAL DAN MUSLIM KELAS MENENGAH: PELUANG DAN TANTANGAN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.52300/jepp.v2i2.5473

Keywords:

kelas menengah muslim, industri halal, karakteristik, peluang, tantangan

Abstract

Industri halal dianggap sebagai industri yang mampu menjawab keinginan kelas menengah muslim. Memahami dan memetakan peluang dan tantangan industri halal menjadi penting untuk menjamin keberlangsungan hidup industri halal itu sendiri, bagaimana ia dapat memanfaatkan boomingnya kelas menengah muslim agar tidak tergilas oleh pemain lama. Tulisan ini bertujuan untuk memetakan karakteristik muslim kelas menengah, serta peluang dan tantangan dari industri halal. Hasilnya menunjukkan bahwa karakter muslim kelas menengah Indonesia terbagi menjadi 4 kategori, yaitu apathist, rationalist, conformist, dan universalist. Sementara dari sisi peluang, industri halal punya pangsa pasar yang besar berkaitan dengan jumlah penduduk muslim dunia dan khususnya terkait dengan kebangkitan kelas menengah muslim di Indonesia. Dari sisi tantangan, pengembangan industri dari sisi skala produksi, teknologi, hingga permodalan masih menjadi rintangan utama bagi industri halal untuk dapat mengembangkan bisnisnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admin MySharing. (2014, July 14). Kelas Menengah Muslim (1): “Berubahnya Lanskap Pemasaran.” MySharing. http://mysharing.co/kelas-menengah-muslim-1/

Ager, S. N. S., Marliana Abdullah, F. M., Shahwahid, N. A. W., & Saidpudin, W. (2015). War 11 An Analysis of the Definition of Halal: Shari’ah Vs Statutes. World Academic and Research Congress.

Asian Development Bank. (2010). The Rise of Asia’s Middle Class. 15.

Badan Pusat Statistik. (2014, February 18). Proyeksi Penduduk menurut Provinsi 2010-2035. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/statictable/2014/02/18/1274/proyeksi-penduduk-menurut-provinsi-2010---2035.html

Elasrag, H. (2016). Halal Industry: Key Challenges and Opportunities. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.2735417

Hakim, C. M. (2018, Oktober). Kebijakan Bank Indonesia dalam Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah. Training of Trainer Modul Ekonomi dan Keuangan Syariah, Banjarmasin.

Halal Food Market Size. (2018). Www.Gohalal4all.Com. https://www.gohalal4all.com/images/diagram_1.jpg

Hasanuddin, A. (2017, April 12). Pasar Kelas Menengah Muslim yang Menggiurkan—Kolumnis Tirto.ID. tirto.id. https://tirto.id/pasar-kelas-menengah-muslim-yang-menggiurkan-cmw6

Humayon, D., Azmi, N., Rahman, R., & Malik, R. (2013). GIFR 2013 | Global Islamic Finance Report. Global Islamic Finance Report. http://www.gifr.net/gifr_2013.htm

Kementerian Agama RI. (n.d.). Jumlah Visa Umrah yang Dikeluarkan Sampai Tahun 2016. Kementerian Agama Republik Indonesia. Retrieved October 31, 2018, from https://res.cloudinary.com/dyictbglh/image/upload/v1502281998/grafik_1_u6covt.png

Putro, D. (2017, July 9). Kelas Menengah Muslim dalam Pusaran Sentimen Identitas. GEOTIMES. https://geotimes.co.id/opini/kelas-menengah-muslim-dalam-pusaran-sentimen-identitas/

Ridwan, M. M. (2017, September 6). Gaya Hidup Syariah pada Kelas Menengah Muslim. Republika Online. https://republika.co.id/share/ovv35q291

Sutrisno, F. A. I., Ompusunggu, D. P., & Hukom, A. (2023). Analisis Peran Lembaga Keuangan (Pegadaian) Terhadap Pengembangan Perekonomian Masyarakat Umum (Usaha UMKM).

Tahir, H. (2016). Haji dan Umrah sebagai Gaya Hidup: Pertumbuhan Bisnis Perjalanan Suci di Kota Makassar. Al- Qalam, 22(2), 13.

Thomson Reuters, & Dinar Standard. (2018). State of the Global Islamic Economy Report. https://www.salaamgateway.com/en/story/Report_State_of_the_Global_Islamic_Economy_201819-SALAAM06092018061914/

Yuswohady, Madyani, D., Herdiansyah, I. A., & Alim, I. (2014). Marketing to the Middle Class Muslim Kenali Perubahannya, Pahami Perilakunya, Petakan Strateginya (1st ed.). PT. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2022-11-02