Analisis Faktor Keputusan Pembelian Roti Menggunakan Metode SEM-PLS (Structrural Equation Modeling-Partial Least Squares) Studi Kasus Toko Garmeleia Cookies
DOI:
https://doi.org/10.52850/jptupr.v5i1.20033Keywords:
cookies, faktor, garmeleia, keputusan, pembelian, roti, SEM-PLSAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor keputusan pembelian roti yang berstudi kasus di Toko Garmeleia Cookies. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan deskriptif kuantitatif dengan objek penelitian Toko Garmeleia Cookies yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik Non Probability Sampling dengan metode pengambilan sampel Purposive Sampling yaitu seseorang atau individu yang datang dan membeli produk pada Toko Garmeleia Cookies. Proses pengumpulan data menggunakan metode wawancara/dialog dan pengisian kuesioner oleh responden, yang berisi peryataan dengan jawaban dalam skala likert 1-5. Data dianalisis menggunakan metode SEM-PLS (Structural Equation Modeling-Partial Least Squares) dengan bantuan aplikasi Smart PLS 4. Pengujian data dilakukan secara terstruktur mulai dari uji outer model, inner model, hingga pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang lebih dominan mempengaruhi keputusan pembelian roti yaitu kualitas produk, jika dilakukan peningkatan terhadap kualitas produkĀ maka dapat meningkatkan keputusan pembelian roti oleh konsumen. Selain itu terdapat pengaruh tidak langsung antara fasilitas toko terhadap keputusan pembelian yang di mediasi oleh pelayanan. Berdasarkan uji hipotesis, pelayanan mampu memediasi pengaruh tidak langsung secara signifikan antara pengaruh fasilitas toko terhadap keputusan pembelian, namun mediasi ini tergolong dalam jenis Partial Mediation yang artinya fasilitas toko mampu secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi keputusan pembelian.