Pengembangan Modul Ajar Pada Materi Penerapan Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari Di Kelas X SMA Negeri 2 Palangka Raya

Authors

  • Lion Nanda Murya Sallom Universitas Palangka Raya
  • Eli Karliani Universitas Palangka Raya
  • Asep Ikbal Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpt-upr.v5i2.21011

Keywords:

Pengembangan Modul Ajar, ADDIE, Nilai-nilai Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil validasi terhadap modul ajar pada materi penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE memiliki lima tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Model ADDIE yang digunakan peneliti dalam proses pengembangan modul ajar hanya sampai tahap development (pengembangan) yang bertujuan menghasilkan produk yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi.  Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Palangka Raya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan penilaian lembar validasi dosen ahli dan lembar validasi guru PPKn. Hasil analisis penilaian validasi isi menunjukkan persentase rata-rata 74% dengan kriteria valid sehingga modul ajar dinyatakan valid. Hasil analisis penilaian validasi guru PPKn terhadap modul ajar menunjukkan persentase rata-rata 82% dengan kriteria sangat layak, modul ajar yang dikembangkan dinyatakan valid.

Downloads

Download data is not yet available.
DOI: 10.52850/jpt-upr.v5i2.21011 DOI URL: https://doi.org/10.52850/jpt-upr.v5i2.21011
Views: 0 | Downloads: 0

Downloads

Published

2025-10-18