Motivasi Belajar Mahasiswa Dalam Mengikuti Metode Pembelajaran Daring Di STIKES Suaka Insan Pada Masa Transisi Pendemi Covid-19

Authors

  • Septi Nursery STIKES Suaka Insan Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.52850/jptupr.v3i1.8374

Keywords:

covid-19, mahasiswa keperawatan, motivasi belajar

Abstract

Masa Transisi Pandemi Covid 19 membuat mahasiswa harus belajar secara daring, untuk tantangan pembelajaran secara daring erat kaitannya dengan motivasi belajar mahasiswa. Seperti pada mahasiswa STIKES Suaka Insan yang mengatakan mengalami penurunan motivasi disebabkan oleh jaringan internet yang tidak stabil, rasa jenuh dan bosan karena menghadap laptop dalam waktu lama, serta tidak bisa langsung bertemu dengan teman-teman seangkatan dan dosen di kampus. Penelitian menggambarkan motivasi belajar mahasiswa mengikuti metode pembelajaran daring di STIKES Suaka Insan. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif metode survey. Sampel sebanyak 33 orang, instrumen penelitian adalah kuesioner sebanyak 23 pernyataan, dilakukan uji valid dengan person produk moment dan uji reliabelitas dengan alpha cronbach. Analisa data menggunakan tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar mahasiswa baik sebanyak 21,2%, motivasi belajar cukup sebanyak 30,3%, motivasi belajar kurang baik sebanyak 36,4% dan motivasi belajar tidak baik sebanyak 12,1%. Rekomendasi dari penelitian ini adalah dosen diharapkan membuat kegiatan belajar yang lebih menarik dan inovatif dalam memanfaatkan perkembangan teknologi sehingga tampilan materi belajar lebih menyenangkan, ada kegiatan yang menarik selama belajar daring seperti games, intonasi suara yang seimbang.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-03-15