PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI POWTOON PADA PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MULTIMEDIA SMK KARSA MULYA PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Gusti Nurseptia
  • Isna Fauziah
  • Winda Lestiani

Keywords:

Media, Animasi Powtoon, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran animasi Powtoon pada prestasi belajar peserta didik. Seberapa besar konstribusi yang diberikan, dan apakah hal tersebut memiliki signifikansi atau tidak. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Multimedia A dan XI Mutimedia B dengan jumlah 68 orang peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah penelitian populasi.

Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu variabel bebas adalah pengaruh media pembelajaran animasi Powtoon sebagai media pembelajaran dan variabel terikat adalah prestasi belajar. Sumber data data penelitian ini yaitu dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi yang diolah untuk diambil kesimpulan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pengunaan media pembelajaran animasi Powtoon berpengaruh positif terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI Multimedia. Hal ini ditunjukan dari hasil uji hipotesis thitung= 2,273. Harga ini dikonsultasikan dengan dk = 66 dan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel= 1,66515. Karena thitung> ttabel, maka Haditerima. Artinya: Ada pengaruh yang signifikasi antara Media Pembelajaran Animasi Powtoonterhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI Multimedia SMK Karsa Mulya Palangka Raya tahun ajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-01-12