Pendidikan merupakan salah satu faktor yang paling menentukan dan berpengaruh dalam perubahan sosial. Membaca, menulis, dan berhitung sebagai mata pelajaran inti bertujuan untuk membekali siswa dengan berbagai keterampilan dasar literasi dan berhitung. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan kemampuan dasar membaca, menulis, berhitung, serta pengetahuan dasar kepada peserta didik yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sekarang dan masa yang akan datang. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 08 - 25 Agustus Tahun 2022. Kegiatan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang perilakunya diamati (Moloeng, 2013 : 3). Adapun metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, wawancara, dokumentasi serta catatan lapangan. Berdasarkan hasil kegiatan di lapangan dapat terlihat bahwa, upaya yang dilakukan Mahasiwa KKN-TM Kelompok 78 Universitas Palangka Raya di Sekolah Dasar Negeri 1 Selucing untuk meningkatkan kemampuan calistung dengan bimbingan pembelajaran di sekolah berjalan cukup baik. Hal itu dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam hal membaca, menulis, dan berhitung. Hal tersebut tentu sejalan dengan tujuan program kerja yang kami lakukan yaitu dapat memberikan kemampuan dasar membaca, menulis, berhitung, serta pengetahuan dasar kepada peserta didik yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sekarang dan masa yang akan datang