Penelitian tentang bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam rangka KKN mandiri, untuk memajukan kabupaten Gunung Mas menjadi daerah tujuan wisata. Strategi pemasaran dibangun berdasarkan kemampuan pelaku usaha untuk mendapatkan peningkatan usaha. Sistem pelatihan diberikan secara langsung seperti pemilihan jenis bibit buah dan sayur, pemilihan harga dan pengemasan produk serta inovasi produk dari buah-buahan lokal seperti durian, mangga, salak, rambutan sebagai cara agar usaha terus berkembang, tidak tentu musiman. Pemilihan desa wisata di kabupaten Gunung Mas, terutama karena adanya air terjun Batu Mahasur yang letaknya tidak jauh dari Desa Tariak. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan kuesioner dan dianalisis dengan alat statistik SPSS 24.0. Hasil penelitian bahwa pelatihan strategi pemasaran kepada 70 petani buah menunjukkan hasil positif yang signifikan, sebesar 73% ketekunan penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan keunggulan usaha berbasis desa dari kearifan lokal dan keunggulan sumber daya serta harapan pelanggan untuk pergi ke kota wisata. . Hasil penelitian memberikan bukti kepada pemerintah desa di Tariak dalam bidang ekonomi perdagangan dan pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan untuk menjadikan desa Tariak sebagai salah satu kabupaten berbasis pariwisata di Kalimantan Tengah