KONTRIBUSI LINGKUNGAN BELAJAR DAN SARANA PRASARANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TIK (Studi Kasus Kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang)

Authors

  • menrisal Universitas Putra Indonesia
  • Popy Universitas Putra Indonesia
  • Darma Sanjaya Universitas Putra Indonesia
  • Zakia Zuzanti Bimbingan Konseling, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v1i1,%20Agustus.1689

Keywords:

Lingkungan Belajar; Sarana Prasarana Dan Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi lingkungan belajar dan sarana prasarana terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang. Hasil analisis data menunjukkan hubugan lingkungan belajar  dengan hasil belajar sebesar rhitung>rtabel (0,278<0,195), terdapat hubungan yang positif dan signifikan dan dilanjutkan dengan uji t sebesar thitung>ttabel (2,469>1,658) sebesar 11,25%, hipotesis pertama diterima, sarana prasarana dengan hasil belajar sebesar rhitung>rtabel (0,126>0,195), terdapat hubungan yang positif dan signifikan dan dilanjutkan dengan uji t sebesar thitung>ttabel (1,257>1,658) sebesar 9,94% hipotesis kedua di terima,  lingkungan belajar dan sarana prasarana dengan hasil belajar secara bersama-sama sebesar rhitung>rtabel (0,242>0,195), terdapat hubungan yang positif dan signifikan dan dilanjutkan dengan uji f sebesar  Fhitung > FTabel (2,469>1,658) sebesar 9,80% hipotesis ketiga di terima pada mata pelajaran TIK siswa kelas XI IPS  SMA PGRI 1  Padang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas, Sudijono. 2007. Penganta Statistik Pendidikan .Jakarta :Rajawali Pers.

. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta :Rajawali Pers.

Agung. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: STKIP Singaraja.

Bafadal,Ibrahim.2003. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, Sentralisasi menuju Desentralisasi.Jakarta:Bumi Aksara

Djamarah, Syaiful Bahri, 2009. Psikologi Pendidikan, Jakarta, PT. Rineka Cipta.

Fitri, Hugraheni.2010.Hubungan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa.Skripsi. Jogjakarta : Fakutas Ekonomi UKM.

Gagne, dalam Dimyanti dan Mudjiono, 2002, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta:Rineka Cipta.

Harum, Rasyid. 2008. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: cv Wacana Citra.

Nasution . 2004, Didaktik Asas-asas Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Oemar, Hamalik. 2001 . Prses Belajar Mengajar. Jakarta:PT Bumi Aksara

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar.Yogayakarta:PustakaPelajar.

Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian.Bandung: Alfabeta

Rita, Handayani. 2010 .Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Bealar Geografis SISWA KELAS X dan XI IPS SMA N 1 Minggir Sleman.Skripsi. Yogyakarta:Universitas Negeri Jogyakarta.

Rohman, Natawijaya. 1979. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prindo Jaya.

Risma Yunita, & Menrisal Menrisal. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Improve Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) (Studi Kasus Kelas XI SMAN 12 Padang). Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling.

Saefulloh, A. (2018a). Penggunaan Aplikasi Whatsapp Sebagai Metode Pembelajaran di SMP IT Nurul Ilmi Jambi. Jurnal An-Nahdhah, 12(2), 126–145. Retrieved from https://journal.staimaarif-jambi.ac.id/index.php/annahdhah/article/view/156

Saefulloh, A. (2018b). PERAN PENDIDIK DALAM PENERAPAN INTERNET SEHAT MENURUT ISLAM. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i1.2709

Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta : Prenada Media Group

Sudjana. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Bandung: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono.2014. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

SuharsimiArikunto. 2006.Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: RinekaCipta.

. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Tulus Tu,u. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta:Grasindo

Published

2020-08-17

How to Cite

menrisal, Popi Radyuli, Darma Sanjaya, & Zakia Zuzanti. (2020). KONTRIBUSI LINGKUNGAN BELAJAR DAN SARANA PRASARANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TIK (Studi Kasus Kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang). Jurnal Paris Langkis , 1(1), 51-62. https://doi.org/10.37304/paris.v1i1, Agustus.1689