Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop https://e-journal.upr.ac.id/index.php/pdhp <div style="border: 3px #FF1617 Dashed; padding: 10px; background-color: #fbf7e6; text-align: left;"> <ol> <li><strong>Journal Title</strong>: <a href="https://e-journal.upr.ac.id/index.php/pdhp">Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop</a></li> <li><strong>Initials</strong>: JBKP</li> <li><strong>Frequency</strong>: Maret dan September</li> <li><strong>Online ISSN</strong>: 2775-5509</li> <li><strong>Editor in Chief</strong>: Romiaty, S.Psi.,M.Pd.,Psikolog</li> <li><strong>DOI</strong>: 10.37304</li> <li><strong>Publisher</strong>: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya</li> <li><strong>Sinta Indeks</strong>: <a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/11847">https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/11847</a></li> <li><strong>Terakreditasi</strong>: SINTA 5</li> </ol> </div> <div> </div> <div> <p><strong>JBKP</strong> (Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan karya-karya di bidang pendidikan, khususnya yang berkaitan dengan konseling sekolah, konseling karir, dan konseling pendidikan tinggi. Jurnal ini dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Palangkaraya, dan berfokus pada penelitian dan pengembangan dalam bidang bimbingan dan konseling di sekolah serta lembaga pendidikan lainnya.</p> <p>Sebagai wadah akademis, <strong>JBKP</strong> menyediakan kesempatan bagi para akademisi untuk menyumbangkan artikel ilmiah dalam ranah konseling sekolah, konseling karir, dan konseling pendidikan tinggi, yang akan dipublikasikan secara online. Dengan dukungan jaringan internet, jurnal ini memperluas akses terhadap informasi dan pengetahuan berbasis penelitian yang bermanfaat.</p> <p>Jurnal <strong>JBKP</strong> terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Maret dan September, dan tersedia dalam bentuk cetak serta digital. Setiap edisi menyajikan beragam artikel pendidikan yang ditulis oleh penulis dari berbagai latar belakang akademik. Jurnal ini bekerja sama dengan editor-editor lokal dari beberapa universitas yang bertugas melakukan tinjauan terhadap setiap artikel sebelum dipublikasikan, untuk memastikan kualitas dan relevansi penelitian.</p> <p>Setiap artikel atau makalah yang diterbitkan di jurnal <strong>JBKP</strong> diharapkan dapat memberikan manfaat bagi seluruh pembaca dan memperkaya khazanah ilmu pengetahuan di bidang bimbingan dan konseling.</p> </div> id-ID pandohop@upr.ac.id (Romiaty, S.Psi.,M.Pd.,Psikolog) pandohop@upr.ac.id (Dony Apriatama, M.Pd) Tue, 02 Sep 2025 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.10 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Tingkat Depresi di Kalangan Pelajar: Implikasi Peran Gender dan Aliran Akademik https://e-journal.upr.ac.id/index.php/pdhp/article/view/18662 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat depresi di kalangan pelajar, dengan fokus pada pengaruh gender dan aliran akademik. Sebanyak 291 pelajar tahun akhir dari dua Pusat Tingkatan Enam di Brunei Darussalam berpartisipasi dalam penelitian ini. Data dikumpulkan menggunakan instrumen Skala Depresi, Kecemasan, dan Stres 21 item (DASS21) yang mengukur tingkat depresi berdasarkan lima kategori: normal, ringan, sedang, berat, dan sangat berat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pelajar (52%) berada dalam kategori depresi normal, sementara 16% mengalami depresi ringan dan 17% mengalami depresi sedang. Berdasarkan analisis gender, pelajar perempuan cenderung mengalami tingkat depresi yang lebih tinggi dibandingkan pelajar laki-laki. Selain itu, pelajar dari aliran seni menunjukkan tingkat depresi yang lebih tinggi dibandingkan pelajar dari aliran sains, dengan 56% pelajar aliran seni berada pada kategori depresi ringan hingga sangat berat, sedangkan hanya 39% pelajar aliran sains yang mengalami hal serupa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa baik gender maupun aliran akademik memainkan peran penting dalam menentukan tingkat depresi pelajar, dengan pelajar perempuan dan pelajar aliran seni lebih rentan terhadap tekanan yang dapat mempengaruhi kesejahteraan mental mereka. Temuan ini memberikan wawasan yang berguna untuk merancang intervensi psikososial yang lebih spesifik, seperti program pengelolaan stres dan konseling kelompok, terutama bagi pelajar yang terlibat dalam aliran seni.</p> Noor Azimah Sulaiman Hak Cipta (c) 2025 Noor Azimah Sulaiman https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://e-journal.upr.ac.id/index.php/pdhp/article/view/18662 Thu, 27 Mar 2025 00:00:00 +0000