Penerapan Metode Drill Dalam Pelatihan Keyboard Pada Ekstrakurikuler Anak Penyandang Tunanetra Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.1234/jt.v5i2.15419Kata Kunci:
ekstrakuriler, keyboard, metode drill, penyandang tunanetraAbstrak
Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mendeskripsikan penerapan metode drill pada kegiatan ekstrakurikuler seni musik di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Palangka Raya dan untuk mendeskripsikan pengaruh metode drill yang akan diterapkan pada pelatihan keyboard dalam kegiatan ekstrakurikuler seni musik di SLBN 1 Palangka Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, serta dengan data primer dan sekunder sebagai sumber data. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa dalam proses penerapan metode drill pada esktrakurikuler pelatihan keyboard di SLBN 1 Palangka Raya pada anak penyandang tunanetra yaitu mereka dapat melakukan latihan fingering dan hearing dengan benar. Kemudian penerapan latihan keyboard menggunakan metode drill memiliki pengaruh atau dampak yang bagus terhadap motorik halus anak penyandang tunanetra dan juga dapat mengembangkan aspek kognitif anak penyandang tunanetra.
Unduhan
Referensi
Aditya, D. Y. 2016. “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa”. Jurnal SAP. Volume 1, Nomor 2, 167.
Agustin, Puspa., & Putra, I. E. 2023. “Penggunaan Metode Drill Pada Pelaksanaan Ekstrakurikuler Musik Tradisional di SMP Angkasa Lanud Sutan Sjahrir Padang”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Musik. Volume 1, Nomor 1, 94 – 102.
Artha, I. K. A. 2021. “Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Smash Bulutangkis Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa SMP Negeri 4 Busungbiu”. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi. Volume 7, Nomor 1, 46 – 55 .
Bachri, Syamsul Thalib. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Apikatif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Hutauruk, Reni Rentauli. (2023). Metode Pembelajaran Piano Pada Ekstrakurikuler Piano Klasik Di SMA Immanuel Bandar Lampung. Universitas Lampung.
Lestari, R. Y. 2016. “Peran Kegiatan Ekstrakulikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik.” Untirta Civic Education Jurnal. Volume 1, Nomor 2, 138.
Meirawati, Nurindah Rita. (2014). Metode Pembelajaran Alat Musik Keyboard Pada Anak Penyandang Tuna Netra di Yaketunis. Universitas Negeri Yogyakarta.
Melvina, Skolastika Nada. (2019). Pembelajaran Piano Untuk Murid Tunanetra. Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahmawati. 2017. “Dukungan Sosial Pada Orang Tua Anak Autis Spectrum Disorder Di Kota Blitar”. Jurnal Penelitian Pengukuran Psikologi. Volume 7, Nomor 1, 67.
Saputra, A. A., Kadir, T. H., & Syahrel. 2013. “Minat Siswa terhadap Musik : Studi Kegiatan Ekstrakulikuler di SMP Negeri 8 Padang”. E-Jurnal Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang. Volume 2, Nomor 1, 38.
Sihombing, Nermi Tiur Nida. (2019). Penerapan Metode Demonstrasi Dan Drill Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Musik Band Di SMK Swasta Teladan. Universitas HKBP Nommensen.
Soufina, Fanny. (2019). Pengajaran Piano Klasik Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Autism) Pada Pendidikan Nonformal di Sekolah Musik Mutiara. Universitas Islam Riau Pekanbaru.
Undang-undang Republik Indonesia. No. 2 Tahun 1989. Sistem Pendidikan Nasional dan Penjelasannya. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Tambuleng

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.