ANALISIS KESULITAN GURU BK DALAM MEMBERIKAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SECARA DARING
DOI:
https://doi.org/10.1234/jt.v2i1.4390Kata Kunci:
Layanan BK, Kesulitan Guru BKAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan guru BK dalam memberikan layanan BK secara daring di sekolah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi pustaka. Proses pengumpulan data dengan cara membaca dan mencatat sumber-sumber yang relevan dengan tujuan penelitian. Hambatan Guru BK dalam memberikan pembelajaran secara daring diantaranya : Kemampuan guru terbatas dalam menggunakan teknologi pada pembelajaran daring. Permasalahan ini sering kali terjadi dimana tidak semua guru BK mampu mengoperasikan komputer atau gadget untuk mendukung kegiatan pembalajaran daring.Ada beberapa guru juga yang dapat mengoprasikan computer dan gadget, tetapi kemampuan pengopresian tersebut terbatas. Mereka tidak mampu mengakses lebih jauh yang berkaitan dengan jaringan internet, menggunakan berbagai aplikasi pembelajaran, membuat media/video pembalajaran sendiri dan sebaginya. Dalam hal keterbatasan penguasaan IT, guru dapat menggunakan teknologi yang pengoperasiannya lebih sederhana, seperti aplikasi whatsapp. Bagi guru dalam meminimalisir hambatan pembelajaran daring, terdapat beberapa solusi yang bisa diterapkan secara bertahap guru BK harus meningkatkan kompetensi IT-nya, antara lain dengan mengikuti workshop terkait, bertanya kepada guru-guru lain yang mempunyai kemampuan lebih di bidang IT.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Tambuleng
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.