Transformasi Estetik Keramik Kasongan dalam Konteks Perubahan Sosial Budaya

Penulis

  • Muhamad Romadoni Universitas Palangka Raya

Kata Kunci:

keramik, transformasi estetik, sosial budaya

Abstrak

         Transformasi estetik keramik Kasongan tumbuh seiring berjalanya waktu. Perubahan sosial budaya yang terjadi pada masyarakat perajin keramik Kasongan merupakan suatu gambaran yang dapat diinterpretasikan sebagai pengarah dalam transformasi estetik keramik Kasongan. Penelitian ini bertujuan mengkaji transformasi estetik keramik Kasongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan model interpretatif, yaitu memahami dan mendeskripsikan fenomena transformasi estetik keramik Kasongan dalam konteks perubahan sosial budaya masayarakat perajin.

        Produk yang dihasilkan dari seni kerajinan keramik Kasongan merupakan suatu produk budaya yang dilestarikan oleh para perajin sebagai pembuatnya. Perubahan seni kerajinan keramik Kasongan semula sebatas barang-barang untuk keperluan rumah tangga dengan desain yang semula sebatas lingkaran, membulat, silinder, berubah menjadi bentuk binatang dengan teknik dekorasi tempel, guci-gucian dengan teknik finishing cat ataupun mozaik kaca, serta patung Loroblonyo dengan teknik finishing glasir. Desain keramik yang semula berfungsi sebagsi pemenuhan kebutuhan sehari-hari telah mengalami perubahan desain, yaitu kearah disain keramik yang tidak hanya fungsional praktis (tradisional). Akan tetapi lebih ke arah desain produk seni (hiasan) atau seni praktis (hiasan yang fungsional). Perubahan sosial budaya dengan masyarakat luas berpengaruh terhadap variasi produk yang dihasilkan perajin keramik di Kasongan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

29-04-2023

Cara Mengutip

Romadoni, M. (2023). Transformasi Estetik Keramik Kasongan dalam Konteks Perubahan Sosial Budaya. Tambuleng, 3(2). Diambil dari https://e-journal.upr.ac.id/index.php/tambuleng/article/view/8993

Terbitan

Bagian

Tambuleng (Jurnal Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik)