MANAJEMEN PELAYANAN ADMINISTRASI KESISWAAN HUBUNGANNYA DENGAN KEPUASAN SISWA

Authors

  • Neta Sahraze Robiatul A Universitas UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Kasmin Universitas UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ambar Sri Lestari Universitas UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Manajemen Pelayanan Administrasi; Kepuasan Siswa.

Abstract

Administrasi kesiswaan menjadi salah satu elemen utama dengan berdirinya sekolah. bagian ini merupakan hal yang mengatur berbagai administrasi yang diperlukan oleh siswa selama siswa itu masuk sampai nanti keluar. Tujuaan penelitian ini untuk menganalisis hubungan manajemen pelayanan administrasi kesiswaan dengan kepuasan siswa di MTsN 1 dan MTsN 2 Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menyebar angket/kuesioner. Kemudian teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini merupakan uji instrumen, analisis statistik, analisis korelasi, uji koefisien korelasi, dan uji koefisen determinasi (kontribusi).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pelayanan administrasi kesiswaan di MTsN 1 dan MTsN 2 Kota Bandung dinilai cukup baik dengan rata rata nilai 3,09. Kepuasan siswa pada MTsN 1 dan MTsN 2 Kota Bandung mendapatkan hasil tinggi yaitu dengan nilai rata rata 3,43. Berdasarkan kajian terhadap hasil perhitungan koefisien korelasi didapatkan skor 0,492. Karena berada pada kisaran 0,40 sampai 0,59, nilai ini berada pada level yang sedang.  Kemudian diperoleh nilai koefisien determinasi R kuadrat sama dengan 0,234. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel manajemen pelayanan administrasi kesiswaan terhadap kepuasan siswa adalah 23,4%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-19