PERAN DINAS PERIKANAN DAN PETERNAKAN DALAM MENINGKATKAN USAHA PERIKANAN

DI KELURAHAN PAHANDUT SEBERANG KECAMATAN PAHANDUT KOTA PALANGKA RAYA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Authors

  • Syarif Hidayatullah dan Puput Ratnasari Universitas Palangka Raya

Keywords:

Meningkatkan Usaha Perikanan

Abstract

Pembangunan merupakan salah satu istilah yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari,terutamabilahalituterkaitusahamemajukankehidupanmasyarakat.Masyarakat desa sebagai bagian dari warga negara juga tidak terlepas dari proses atau usaha dalam memajukankehidupannyabaikmelaluiusahaperorangan,kelompok,maupunlewatprogram- program yang dlaksanakan oleh pemerintah dalam upaya memajukan dan mensejahterakan masyarakat sesuai dengan amanat UUD 1945 dan Tujuan Pembangunan Nasional yaitu menciptakan masyarakat Indonesia yang sejahtera di berbagai bidangkehidupan.

Penelitianinimenggunakanteknikpenelitianyangberbentukkualitatif,dimanateknik ini menjelaskan dan menjabarkan hasil dari penelitian secara kualitatif dengan melakukan penelitian secara terus-menerus sepanjang proses penelitian. Moleong (2005) mengatakan bahwa analisis data merupakan proses mengumpulkan dan mengurutkan data kedalampola, kategori dan satuan uraian dasar sehingga dapat ditemukan tema dan dirumuskan hipotesis kerja seperti yang disarankan olehdata.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Dinas Perikanan dan Peternakan kota Palangka Raya dalam meningkatkan usaha perikanan di Pahandut Seberang kota Palangka Raya masih belum maksimal. Hal ini disebabkan Dinas Perikanan dan Peternakan kota Palangka Raya mengesampingkan peran mereka sebagai pemerintah yang bertugas meningkatkan usaha perikanan kota Palangka Raya khususnya di kelurahan Pahandut Seberang

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-12-01