Analisis Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Memberikan Pelayanan Publik (Studi Penelitian Di Kantor Kelurahan Sei Pasah Kecamatan Kapuas Hilir)
Keywords:
Kualitas, Sumber Daya Manusia, Pelayanan publikAbstract
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisa bagaimana kualitas sumber daya manusia di Kantor Kelurahan Sei Pasah Kecamatan Kapuas Hilir Kabupaten Kapuas. Di dalam peneleitian ini, peneliti menggunakan Teori Kualitas Sumber Daya Manusia yang diadaptasi dan modifikasi sesuai dengan kebutuhan penelitian, adapun indikator kualitas sumber daya manusia menurut M. Dawan Rahardjo (2012:18) mengatakan bahwa indikator untuk menilai kualitas sumber daya manusia adalah sebagai berikut: 1. Kualitas Intelektual (Pengetahuan dan Keterampilan) 2. Pendidikan. Di dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif dipilih karena obyek penelitian ini berupa kegiatan atau tindakan seseorang atau beberapa orang petugas atau pegawai kantor dalam menjalankan kegiatannya sebagai pelayanan publik. Seperti yang dikemukakan oleh Sugiyono (2016) dalam bukunya yang berjudul “Memahami Penelitian Kualitatif” bahwa: “Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara tringulasi (gabungan), analisis data bersifat indutif/kualitatif dan hasil. Jadi, secara keseluruhan (konprehensif) dari kedua indikator Kualitas Sumber Daya Manusia dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa Kualitas Sumber Daya Manusia Di Kantor Kelurahan Sei Pasah secara indikator Kualitas Sumber Daya Manusia belum sepenuhnya sesuai dengan apa diharapkan oleh masyarakat baik secara teori dan analisis peneliti dilapangan, sehingga kedepannya masih perlu untuk dibenahi.