POLITIK PEMBANGUNAN DI KOTA PALANGKA RAYA MENUJU SMART CITY KOTA PALANGKA RAYA

1-9

Authors

  • Dra. Puput Ratnasari, M.Hum Universitas Palangka Raya

Keywords:

Politik Pembangunan, Aktor Pembangunan, Smart City

Abstract

Pembangunan mula-mula dipakai dalam arti pertumbuhan ekonomi. Sebuah masyarakat dinilai berhasil melaksanakan pembangunan, bila pertumbuhan ekonomi masyarakat tersebut cukup tinggi. Dengan demikian, yang diukur adalah produktivitas masyarakat atau produktivitas negara setiap tahunnya. Dalam setiap pembangunan itu terdapat campur tangan politik atau strategi-strategi/aliran tertentu yang digunakan dalam konteks pembangunan mencapai sasarannya dapat juga disebut Politik Pembangunan.

Smart city adalah konsep kota masa depan yang ingin diwujudkan secara nasional agar terwujud kota keberlanjutan yang didukung oleh kapasitas daya saing yang memadai. Kota Palangka Raya adalah salah satu dari provinsi di Indonesia yang melaksanakan pembangunan daerah  yang salah satunya memiliki tujuan yang ingin dicapai dalam pembangunan yaitu Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan. Dari latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan bagaimana peran Politik Pembangunan di Kota Palangka Raya menuju Smart City Kota Palangka Raya.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan atau bahan pustaka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menggambarkan peran Politik Pembangunan di Kota Palangka Raya menuju Smart City Kota Palangka Raya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-02-04