Literasi Membaca Bagi Anak – Anak SD Melalui Les Privat di Desa Tewang Karangan, Kab. Katingan, Kalimantan Tengah

Authors

  • Lilis Rosmainar Prodi Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Palangka Raya
  • Reno Adrian Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Palangka Raya

Keywords:

literasi membaca, layanan les privat, tewang karangan

Abstract

Literasi membaca bagi anak-anak sebuah program pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak-anak usia Sekolah Dasar melalui layanan les privat. Literasi membaca memiliki peran penting dalam perkembangan kognitif dan akademik anak-anak. Namun, masih banyak anak-anak yang menghadapi tantangan dalam membangun kemampuan literasi mereka. Dengan adanya kolaborasi antara komunitas sekolah dan masyarakat, program ini menawarkan pendekatan yang personal dan terfokus pada kebutuhan individu. Metode pengajaran yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak dan penggunaan materi yang menarik secara visual dirancang untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam belajar membaca. Program ini dilaksanakan dalam serangkaian sesi les privat yang melibatkan para pengajar yang berkompeten dan berpengalaman dalam bidang literasi anak-anak. Selain membantu meningkatkan kemampuan membaca, program ini juga menitikberatkan pada meningkatkan minat dan kepercayaan diri anak-anak terhadap kemampuan membaca mereka. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca anak-anak, yang tercermin dalam peningkatan pemahaman isi teks, kosakata, dan fluensi membaca. Selain itu, partisipasi aktif orangtua atau wali murid dalam mendukung perkembangan literasi anak juga memberikan kontribusi positif terhadap keberhasilan program.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Rosmainar, L., & Adrian, R. . (2024). Literasi Membaca Bagi Anak – Anak SD Melalui Les Privat di Desa Tewang Karangan, Kab. Katingan, Kalimantan Tengah . NAWASENA : JOURNAL OF COMMUNITY SERVICE, 2(01), 1–5. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JCS/article/view/15128