Peningkatan Kesadaran Generasi Muda tentang Pentingnya Kendaraan Listrik Melalui Kampanye Media Sosial

Authors

  • Tina Sugiani Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Palangka Raya
  • Jessicca Nababan Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Palangka Raya
  • Yuneta Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Palangka Raya
  • Rokiy Alfanaar Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Palangka Raya
  • Mokhamat Ariefin Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Palangka Raya
  • Tety Wahyuningsih Manurung Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Palangka Raya
  • Yuyun Yuniarti Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Universitas Dr Soetomo
  • Muhammad Hilmi Afthoni Program Studi Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Jember
  • Marvin Horale Pasaribu Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Palangka Raya

Abstract

Kampanye media sosial telah dilakukan untuk meningkatkan kesadaran generasi muda tentang pentingnya kendaraan listrik, sebuah solusi mobilitas berkelanjutan yang semakin relevan dalam upaya mengatasi polusi udara dan perubahan iklim. Kampanye ini melibatkan produksi dan distribusi video informatif melalui Instagram, yang mencakup lima poin utama: polusi udara, dampak kendaraan konvensional, konversi kendaraan BBM ke listrik, kelebihan kendaraan listrik terhadap lingkungan, dan perkembangan teknologi kendaraan listrik. Hasil kampanye menunjukkan video ditonton sebanyak 39.100 kali, memperoleh 440 likes, dan 52 komentar, dengan lebih dari 90% komentar berasal dari generasi muda. Respons positif ini menegaskan bahwa kampanye berhasil mencapai dan melibatkan audiens yang ditargetkan. Keberhasilan ini menunjukkan bahwa media sosial adalah alat yang efektif untuk edukasi dan promosi perubahan positif di kalangan generasi muda, mendukung adopsi kendaraan listrik dan transisi menuju mobilitas berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Sugiani, T., Nababan, J., Yuneta, Alfanaar, R., Ariefin, M., Wahyuningsih Manurung, T., Yuniarti, Y., Hilmi Afthoni, M. ., & Horale Pasaribu, M. (2024). Peningkatan Kesadaran Generasi Muda tentang Pentingnya Kendaraan Listrik Melalui Kampanye Media Sosial . NAWASENA : JOURNAL OF COMMUNITY SERVICE, 2(01), 12–17. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JCS/article/view/15130