Optimalisasi Media Sosial untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Keripik Tempe di Desa Luau Jawuk, Kabupaten Barito Timur

Authors

  • Tutus Septiani cemara Akuntansi UPR
  • Marvin Horale Pasaribu Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Palangka Raya
  • Mahwahdah Luviany Universitas Palangka Raya
  • Galih Prasetya Aji Universitas Palangka Raya
  • Resti Apriani Universitas Palangka Raya
  • Franzois Averro Universitas Palangka Raya
  • Meidhita Prahasti Universitas Palangka Raya
  • Dwi Chandri Kurnia Putri Universitas Palangka Raya
  • Dhea Gresela Kristina Universitas Palangka Raya
  • Elfrida Febriyanti Universitas Palangka Raya
  • Mei Shinta Priscilia Universitas Palangka Raya
  • Hanna Della Putri Universitas Palangka Raya
  • Gilang Anggara Pratama Universitas Palangka Raya
  • Revi Hidayatullah Tanggara Universitas Palangka Raya
  • Septian Adinata Universitas Palangka Raya
  • Akhmad Damsyik Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Palangka Raya

Keywords:

Media Sosial, UMKM, Pemasaran digital

Abstract

Keripik Tempe Mbak Atun merupakan salah satu entitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang
beroperasi di Desa Luau Jawuk, Kecamatan Paku, Kabupaten Barito Timur. Usaha ini dikenal dengan produk
keripik tempe berkualitas tinggi, namun menghadapi berbagai tantangan dalam aspek pemasaran dan
pengembangan bisnis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengidentifikasi permasalahan yang
dihadapi oleh UMKM tersebut. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi,
dengan informan yang terdiri dari pemilik usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Keripik Tempe
Mbak Atun memiliki potensi yang signifikan, mereka masih mengalami kesulitan dalam memanfaatkan media
sosial untuk tujuan pemasaran, serta menghadapi hambatan terkait literasi digital dan strategi pemasaran yang
efektif. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan kemampuan
pemasaran digital UMKM agar dapat bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

cemara, T. S., Pasaribu, M. H. . ., Luviany, M. ., Aji, G. P. ., Apriani , R. ., Averro , F. ., Prahasti, M. . ., Putri , D. C. K. ., Kristina , D. G. ., Febriyanti , E. ., Priscilia , M. S. ., Putri, H. D. . ., Pratama, G. A. ., Tanggara , R. H. ., Adinata , S. ., & Damsyik, A. . (2024). Optimalisasi Media Sosial untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Keripik Tempe di Desa Luau Jawuk, Kabupaten Barito Timur. NAWASENA : JOURNAL OF COMMUNITY SERVICE, 2(02), 1–7. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JCS/article/view/15388
Abstract viewed = 0 times