Analisis Perubahan Konseptual Mahasiswa Pada Materi Kimia Larutan Melalui Penerapan Model Pembelajaran PS-Trilogi Berorientasi Kearifan Lokal

Penulis

  • Afadil Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Tadulako
  • Anang WM Diah Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.36873/jjms.v1i1.133

Kata Kunci:

Kearifan Lokal, Kimia Larutan, Konsepsi, Model Pembelajaran PS-TRILOGI

Abstrak

Jenis penelitian ini merupakan pre-experimental dengan One Group Pretest-Postest Design. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis perubahan konseptual mahasiswa pada materi Kimia Larutan melalui penerapan model pembelajaran PS-TRILOGI berorientasi kearifan lokal. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang memprogramkan mata kuliah Kimia Dasar II pada Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNTAD. Teknik analisis konsepsi mahasiswa menggunakan Certainty of Response Index (CRI) berdasarkan pada suatu skala enam (0-5). Hasil analisis secara klasikal yang diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran PS-TRILOGI berorientasi kearifan lokal mampu mereduksi Miskonsepsi (MK) mahasiwa pada materi Kimia Larutan sebesar 12,2%; mampu meningkatkan Tahu Konsep (TK) mahasiswa  sebesar 26,9%; dan mampu mereduksi Tidak Tahu Konsep (TTK) mahasiswa sebesar 16,6%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-09-28

Cara Mengutip

[1]
Afadil dan A. W. Diah, “Analisis Perubahan Konseptual Mahasiswa Pada Materi Kimia Larutan Melalui Penerapan Model Pembelajaran PS-Trilogi Berorientasi Kearifan Lokal”, JJMS, vol. 1, no. 1, hlm. 22–29, Sep 2019.

Terbitan

Bagian

Articles