Pengaruh Gaya Hidup, Kepercayaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee

Authors

  • Aisyah Maranata Listanti Universitas Palangka Raya
  • Lelo Sintani Universitas Palangka Raya

Keywords:

Gaya Hidup, Kepercayaan, Keputusan Pembelian, Persepsi Risiko

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gaya Hidup, Kepercayaan, dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian pada ecommerce shopee, Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Sampel penelitian ini masyarakat yang ada di kota Palangka Raya dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan program SPSS Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Gaya Hidup berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian; 2) Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian; 3) Persepsi Risiko berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian; 4) Secara simultan dengan uji F menyatakan bahwa variabel gaya hidup, kepercayaan, dan persepsi risiko berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kontribusi ketiga variabel independen pada penelitian ini terhadap variabel dependen di Palangka Raya sebesar 93%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andy P, Imam Suyadi, Riyadi. Pengaruh kepercayaan dan kenyamanan terhadap keputusan pembelian online (studi pada pelanggan website Ride Inc). Jurnal administrasi bisnis, Vol.8, No.2, 2014.

Asnoni, A., Sambung, R., & Milwan, M. (2021). The Influence of Pay Satisfaction, Job Satisfaction, Competence, and Turnover Intention on the Service Quality of Honorary Employees in the Airport Operational Unit Office of Class III North Kalimantan. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 17(1), 99-110.

capabilities in the influence of market orientation and social capital to improving the performance of central Kalimantan bank in Indonesia. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 6(4), 140.

Christa, U., & Kristinae, V. (2021). The effect of product innovation on business performance during COVID 19 pandemic. Uncertain Supply Chain Management, 9(1), 151-158.

Elia, A. (2022). Interactive effects of citizen trust and cultural values on pro-environmental behaviors: A time-lag study from Indonesia. Heliyon, 8(3).

Ferdinand. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.

Hasibuan, Karina Dewi.2018. pengaruh gaya hidup dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian online shop (studi online shop softlens Allamoda lenses). Skripsi. Fakultas ilmu social dan ilmu politik. Universitas Sumatera Utara: Medan.

Https://demakkab.bps.go.id/news/2021/01/21/67/hasil-sensus-penduduk2020.html Jayabuana, N. Nuriman, 2020 “Shopee Perkuat Bisnis Konsumen Milenial”. Diakses tanggal 9 November 2021 dari https://m.bisnis.com/amp/read/20200218/105/736127/shopee-perkuat-basiskonsumen-milenial.

Jayani, Dwi Hadya, 2020 “Peta Persaingan E-Commerce Indonesia pada Kuartal II-2020”. Diakses tanggal 17 November 2020 dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/21/peta-persaingan-ecommerce-indonesia-pada-kuartal-ii-2020.

Kotler, P.(2009). Manajemen Pemasaran 1.Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga Kotler, Philip dan Armstrong 2012. Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Edisi Milenium. Jakarta : Penerbit Prehallindo.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2016. Manajemen Pemasaran. Jilid I, Edisi 12 . Jakarta: Indeks.

Kristinae, V., Wardana, I., Giantari, I. G. A. K., & Rahyuda, A. G. J. U. S. C. M. (2020). The role of powerful business strategy on value innovation capabilities to improve marketing performance during the COVID-19 pandemic. Uncertain Supply Chain Management, 8(4), 675-684.

Kurniawan, Robert dan Budi Yuniarto. 2016. Analisis Regresi: Dasar dan Penerapannya dengan R. Jakarta: kencana.

Maharani, Astri Dhiah, Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan TerhadapLoyalitas Nasabah Tabungan Bank Mega Syariah Cabang Semarang (Skripsi), Semarang: Universitas Diponegoro Semarang, 2010. Rahmadi, H., & Malik, D. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Pada Tokopedia. com di Jakarta Pusat. Jurnal Reformasi Administrasi: Jurnal Ilmiah untuk Mewujudkan Masyarakat Madani.

NEGARA, D. J., FERDINAND, F., MEITIANA, M., ASTUTI, M. H., ANDEN, T., SARLAWA, R., & MAHRITA, A. (2021). Knowledge Sharing Behavior In Indonesia: An Application Of Planned Behaviour Theory. The Journal Of Asian Finance, Economics And Business, 8(3), 1053-1064

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Setiadi, Nugroho J. 2013. “Perilaku Konsumen”. Jakarta : Kencana

Setyariningsih, Eny. pengaruh gaya hidup dan kepercyaaan terhadap keputasan pembelian online (E-commerce) Lazada di kota Mojokerto. Bisman, Vol.2, No.2, 2019.

SimilarWeb, 2020. “Peta E-Commerce Indonesia”. Diakses pada tanggal 17 November 2020, pukul 11:19 WIB dari https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/.

Siregar, Syofian, 2016. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Solichah, Hadi Mustofa. Pengaruh gaya hidup dan harga terhadap keputusan pembelian di butik Ria Miranda Malang. Jurnal aplikasi bisnis, Vol.5, No.1, 2019.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sujarweni, V. Wiratna, 2015. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sumarwan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran, Bogor : Ghalia Indonesia.

Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Cetakan keempat, Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta. Kusumawardani, Anindita Endah. 2017. Pengaruh kepercayaan terhadap keputusan pembelian online shop (studi kuantitatif di kalangan siswi kelas XI ips 3 SMA Negeri 4 Surakarta melalui online shop di instagram). Skripsi. Fakultas komunikasi dan informatika. Universitas Muhammadiyah Surakarta; Surakarta.

Tiawon, H., & Supartha, I. (2021). Implementing a business strategy with supply chain management in a management system and management control to improve the performance of the hotel business. Uncertain Supply Chain Management, 9(3), 687-695.

Trihendradi, C. 2012. Step by Step SPSS 20 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: ANDI

Ubaidillah, Abu. 2020 “Ekonomi Digerogoti Pandemi, ini Peran Industri ecommerce B2B”. Diakses pada tanggal 9 November 2021 dari https://inet.detik.com/business/d-5108617/ekonomi-digerogoti-pandemi-iniperan-industri-e-commerce-b2b.

Downloads

Published

2023-04-10

How to Cite

Listanti, A. M. ., & Sintani, L. . (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Kepercayaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. JSM: Journal Sains Manajemen, 11(2), 48–56. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JSM/article/view/8902