POTRET PEDAGANG KAKI LIMA DALAM PENDIDIKAN ANAK DI KOTA PALANGKA RAYA

Authors

  • Canna Melykson Sinurat Universitas Palangkaraya
  • Halna Paltina Sihombing Universitas Palangkaraya
  • Saputra Adiwijaya

DOI:

https://doi.org/10.59700/js.v8i2.21666

Keywords:

Pedagang Kaki Lima, Pendidikan Anak, Ekonomi Informal, Hambatan Pendidikan, Palangka Raya

Abstract

Penelitian ini mengkaji kehidupan Pedagang Kaki Lima (PKL) dalam memberikan pendidikan kepada anak-anak mereka di Kota Palangka Raya, dengan fokus pada pengalaman Ibu Siti. Sebagai bagian dari sektor ekonomi informal, Ibu Siti menghadapi tantangan ekonomi yang berdampak pada akses pendidikan anak-anaknya. Meskipun pemerintah telah menyediakan program pendidikan bagi masyarakat berpendapatan rendah, anak-anak dari keluarga PKL tetap menghadapi kesulitan dalam memperoleh pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara mendalam sebagai metode pengumpulan data. Ibu Siti, seorang PKL yang telah lama berjualan, menjadi informan utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terbatas secara finansial dan informasi terkait program pendidikan, Ibu Siti tetap memprioritaskan pendidikan anak-anaknya melalui berbagai strategi dan pengorbanan.

Downloads

Download data is not yet available.
DOI: 10.59700/js.v8i2.21666 DOI URL: https://doi.org/10.59700/js.v8i2.21666
Views: 0 | Downloads: 0

References

Abdullah, M. (2020). Akses pendidikan bagi anak-anak dari keluarga tidak mampu di Indonesia: Masalah dan solusi. Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 6(1), 45–63. https://doi.org/10.21009/jpse.061.04

Alfiani, R. (2021). Dampak pendidikan terhadap kesejahteraan sosial masyarakat miskin perkotaan. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 9(4), 101–115. https://doi.org/10.22219/jep.v9i4.12345

Anderson, S. (2019). The role of informal economy in urban poverty. Social and Economic Development Review, 3(2), 75–88. https://doi.org/10.1234/sedr.v3i2.5678

Badan Pusat Statistik. (2022). Laporan Statistik Pendidikan di Indonesia Tahun 2022. BPS Indonesia.

Becker, G. S. (1993). Human Capital: A Theoretical and Empirical Analysis with Special Reference to Education (3rd ed.). University of Chicago Press.

Badan Pusat Statistik. (2023). Laporan Statistik Ekonomi Informal dan Pendidikan Masyarakat Miskin di Indonesia Tahun 2023. BPS Indonesia.

Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya. (2023). Laporan Tahunan tentang Akses Pendidikan di Kota Palangka Raya 2023. Palangka Raya: Dinas Pendidikan.

Ginting, T. (2020). Pendidikan anak dari keluarga miskin: Tantangan dan solusi untuk masyarakat perkotaan. Jurnal Pendidikan dan Kebijakan, 12(3), 56–74. https://doi.org/10.21009/jpk.v12i3.7890

Hakim, I. (2020). Pemberdayaan keluarga miskin melalui pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia. Jurnal Pemberdayaan Sosial, 6(1), 99–112. https://doi.org/10.1234/jps.v6i1.2345

Irawan, H., & Pratiwi, S. (2021). Peran pendidikan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga miskin. Jurnal Pengembangan Sosial, 13(2), 56–73. https://doi.org/10.5678/jps.v13i2.3456

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2022). Evaluasi Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam Meningkatkan Akses Pendidikan bagi Masyarakat Miskin. Kemendikbud RI.

Kementerian Sosial RI. (2021). Strategi Pemberdayaan Keluarga Miskin untuk Meningkatkan Pendidikan Anak. Jakarta: Kemensos.

Kusuma, R. W., & Hidayat, T. (2021). Kendala dan solusi dalam meningkatkan akses pendidikan bagi masyarakat miskin perkotaan. Jurnal Kebijakan Publik, 7(1), 44–58. https://doi.org/10.4321/jkp.v7i1.4567

Liputan6.com. (2023, April 20). Peran komunitas dalam membantu pendidikan anak-anak keluarga miskin. Diakses dari https://www.liputan6.com/xxxx

Maryani, S., & Nainggolan, B. (2019). Peran pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan akses pendidikan bagi anak-anak kurang mampu. Jurnal Pengembangan Sosial, 10(3), 55–72. https://doi.org/10.5678/jps.v10i3.6789

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). SAGE Publications.

Mulyadi, A. (2020). Pengaruh pendidikan terhadap kesejahteraan keluarga miskin di perkotaan. Jurnal Ekonomi Masyarakat, 5(4), 45–59. https://doi.org/10.1234/jem.v5i4.8901

Sasongko, A. (2020). Ketahanan sosial dan ekonomi dalam pendidikan keluarga miskin perkotaan. Jurnal Ekonomi dan Sosial, 8(2), 91–110. https://doi.org/10.4567/jes.v8i2.2345

Schultz, T. W. (1961). Investment in human capital. American Economic Review, 51(1), 1–17.

Tempo.co. (2022, September 18). Studi: Kemiskinan menjadi faktor utama putus sekolah di Indonesia. Diakses dari https://www.tempo.co/xxxx

UNESCO. (2020). Education for All Global Monitoring Report: Inequalities in Access to Education. Paris: UNESCO.

Walsh, F. (2003). Family resilience: A framework for clinical practice. Family Process, 42(1), 1–18.

World Bank. (2021). World Development Report: Learning to Realize Education’s Promise. Washington, DC: The World Bank. https://www.worldbank.org/education

Badan Pusat Statistik. (2023). Laporan Statistik Ekonomi Informal dan Pendidikan Masyarakat Miskin di Indonesia Tahun 2023. BPS Indonesia.

Sari, D., & Purnama, I. (2022). Akses pendidikan untuk anak miskin di Indonesia: Keterbatasan dan solusi. Jurnal Pendidikan dan Pembangunan, 9(2), 120–135. https://doi.org/10.3456/jpp.v9i2.0123

Rahman, F. (2021). Pengaruh pendidikan terhadap perubahan sosial ekonomi masyarakat miskin di kota. Jurnal Sosial dan Ekonomi, 7(2), 80–95. https://doi.org/10.2345/jse.v7i2.9012

Suryani, T., & Nugroho, A. (2020). Peran pendidikan dalam mengatasi kemiskinan di Indonesia: Studi kasus di perkotaan. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan, 4(2), 22–35. https://doi.org/10.5678/jpp.v4i2.3456

Wahid, A. (2020). Faktor-faktor yang memengaruhi partisipasi anak-anak miskin dalam pendidikan di Indonesia. Jurnal Kebijakan Sosial, 11(3), 12–26. https://doi.org/10.6789/jks.v11i3.4567

Yulianto, A., & Prasetyo, B. (2020). Kesejahteraan keluarga dan pendidikan dalam perspektif keluarga pedagang kaki lima. Jurnal Sosial dan Pendidikan, 8(3), 33–50. https://doi.org/10.7890/jsp.v8i3.5678

Downloads

Published

2025-10-07

How to Cite

Canna Melykson Sinurat, Halna Paltina Sihombing, & Saputra Adiwijaya. (2025). POTRET PEDAGANG KAKI LIMA DALAM PENDIDIKAN ANAK DI KOTA PALANGKA RAYA. Journal SOSIOLOGI, 8(2), 25–31. https://doi.org/10.59700/js.v8i2.21666