ANALISA PENATAAN KELURAHAN PAHANDUT SEBERANG KOTA PALANGKA RAYA

Authors

  • Noorhamidah Jurusan Arsitektur Universitas Palangka Raya
  • Tatau Wijaya Garib Jurusan Arsitektur Universitas Palangka Raya
  • Mahdi Santoso Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.36873/jpa.v12i02.2057

Abstract

Sungai memiliki peran yang cukup penting bagi daerah yang wilayahnya sebagian besar terdiri atas perairan. Pada perkembangannya area ini berkembang menjadi suatu kawasan pemukiman yang terbentuk karena masyarakat yang menetap dan membentuk kawasan baru disana memiliki orientasi pada sungai secara fungsi dan akses.
Kawasan tepian sungai merupakan karakter yang berbeda tergantung pada lingkungan sekitarnya, namun secara karakteristik memiliki kesamaan. Perubahan bentuk kawasan air merupakan ekspresi yang menggambarkan keinginan dan aspirasi warga kota, dan mereka menggabungkan banyak fasilitas seperti perumahan, perbelanjaan, rekreasi, pendidikan dan sebagainya.
Kalimantan merupakan salah satu daerah yang sebagian besar wilayahnya terdiri atas perairan. Pahandut merupakan salah satu kawasan tepian sungai yang terdapat dikawasan tepian sungai Kahayan. Pahandut merupakan kampung lama yang pola pembentukannya tidak pernah terencana sebelumnya. Dengan jumlah lahan kosong yang cukup besar yaitu 42 % dari luas seluruh kawasan, daerah ini memiliki potensi yang cukup besar dalam upaya pengembangan kawasan sekaligus penataan kembali kawasan.
Prospek penataan Kelurahan Pahandut Seberang sebagai usulan wisata Kota Palangka Raya melalui upaya membuka akses peremajaan kawasan berupa identifikasi potensi kawasan sebagai langkah untuk peningkatan kualitas lingkungan juga menghidupkan kembali peran kelurahan dalam pembangunan kota.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-31

How to Cite

[1]
Noorhamidah, T. W. Garib, and M. Santoso, “ANALISA PENATAAN KELURAHAN PAHANDUT SEBERANG KOTA PALANGKA RAYA”, JPA, vol. 12, no. 02, pp. 260–267, Dec. 2017.