STUDI PERANCANGAN PUSAT PELATIHAN BAHASA ASING DI KOTA PALANGKA RAYA

Authors

  • Fredyantoni F. Adji Prodi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya
  • Dini Ramadhanti Prodi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.36873/jpa.v17i2.8704

Keywords:

Bahasa Asing, Pusat Pelatihan, Arsitektur Nusantara, Arsitektur Tradisional

Abstract

Bahasa sangat mendominasi dalam bidang komunikasi dan interaksi sosial. Penggunaan bahasa sebagai bagian dari dunia internasional sangat penting dalam hubungan komunikasi internasional. Kemampuan berbahasa asing menjadikan faktor jembatan bagi masyarakat dan keberhasilannya dalam berbagai bidang. Kebutuhan SDM akan kemampuan berbahasa asing yang semakin meningkat serta peminat bahasa asing yang semakin meningkat membutuhkan wadah untuk belajar yaitu sebuah pusat pelatihan. Pusat pelatihan bahasa yang dibutuhkan dengan standar yang nyaman secara fisik maupun psikologis dan secara geografis mudah dijangkau, mempunyai ruang yang memudahkan peserta pelatihan untuk bergerak, melihat peserta lain, serta segala kegiatan yang menunjang pelatihan bahasa asing. Adanya pusat pelatihan Bahasa asing sebagai usaha mengembangkan pengetahuan Bahasa asing tidak berarti harus mengesampingkan atau meninggalkan unsur lokal. Pusat pelatihan bahasa asing di Kota Palangka Raya ini menggunakan pendekatan arsitektur nusantara dengan mengimplementasikan nilai budaya dan arsitektur tradisional ke dalam desainnya. Oleh karena itu perancangan pusat pelatihan Bahasa asing ini akan menggandeng arsitektur tradisional Kalimantan Tengah dalam mendesain, sehingga dapat memfasilitasi pembelajaran bahasa Asing secara informal, edukatif dan rekreatif secara terpusat

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-03-21

How to Cite

[1]
F. F. Adji and D. Ramadhanti, “STUDI PERANCANGAN PUSAT PELATIHAN BAHASA ASING DI KOTA PALANGKA RAYA”, JPA, vol. 17, no. 2, pp. 87–101, Mar. 2023.