KUALITAS INFRASTRUKTUR JALAN YOS SUDARSO KOTA PALANGKA RAYA

Authors

  • Yesser Priono Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya

Keywords:

Jalan Yos Sudarso, Kualitas Infrastruktur

Abstract

Koridor jalan Yos Sudarso merupakan sebuah jalan utama di Kota Palangka Raya yang merupakan sebuah jalan yang memiliki nilai historis yng tinggi dalam kaitan terbentuknya kota Palangka Raya, terbentuk oleh adanya Bundaran Besar sebagai sumbu dan juga deretan-deretan perkantoran yang ada di sepanjang sisi kiri dan kanan jalan serta di samping itu juga memiliki lahan kosong yang dapat difungsikan.

Jalan Yos Sudarso Palangkaraya merupakan jalan yang memiliki tingkat kepadatan tinggi di kota Palangkaraya. Konsentrasi utama di koridor jalan ini adalah keberadaan Bundaran Besar sebagai magnet berbagai macam aktivitas masyarakat. Ditinjau dari aspek fisik, jalan Yos Sudarso Palangkaraya. memiliki lebar jalan ± 20 meter dengan median jalan ± 2,5 meter dan dinilai cukup untuk menampung arus sirkulasi kendaraan yang ada. Namun, dikarenakan keberadaan warung tenda serta cafe tenda di sisi kanan kiri koridor jalan ini pada saat sore hingga malam hari mengakibatkan banyaknya kendaraan yang parkir, yang menjadi permasalahan adalah tidak tersedianya lahan parkir untuk kendaraan roda empat menyebabkan terbentuknya on street parking, sehingga lebar jalan efektif yang tersisa ± 6 meter tiap sisi jalannya.. Hal ini berpotensi mengakibatkan terjadinya kemacetan arus lalu lintas.
Ditinjau dari aspek non fisik, adanya aktivitas dijalan ini juga merupakan potensi yang memberikan dampak yang pesat dibidang sosial dan ekonomi masyarakat di kawasan tersebut. sehingga secara otomatis, kawasan ini membutuhkan sarana prasarana yang memadai disertai penataan infrastruktur yang baik dengan menyesuaikan perkembangan yang ada di kawasan tersebut sehingga diharapkan di masa mendatang dapat terwujud koridor jalan yang berkembang tertib dan berkelanjutan
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan cara mengulas teori-teori infrastruktur pada jalan Yos Sudarso kemudian mengolah data-data tersebut serta melakukan pengamatan pada objek penelitian. Perkembangan Jalan Yos Sudarso merupakan suatu proses peristiwa penting dalam perencanaan fisik lingkungan binaan pada sepanjang pinggir Jalan Yos Sudarso.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2015-12-31