Analisis Problematika dalam Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka: Sebuah Kajian Literatur Sistematis
Keywords:
Implementasi Kurikulum Merdeka, Implementasi Kurikulum 2013, Sekolah Dasar, Problematika Implementasi KurikulumAbstract
Kurikulum dirancang sebagai suatu alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Guna mencapai tujuan tersebut, kurikulum harus dapat dimplementasikan dengan baik oleh setiap satuan pendidikan. Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka banyak digunakan oleh satuan pendidikan di Indonesia. Kondisi di lapangan menunjukan berbagai problematika ditemukan dalam implementasi kedua kurikulum tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai problematika dalam implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Peneliti melakukan pencarian literatur melalui database Google Scholar dan Sinta. Hasil pencarian menemukan 50 artikel. Artikel-artikel tersebut disaring melalui judul, kata kunci, abstrak, dan keseluruahan artikel. 32 artikel dikeluarkan karena tidak relevan dengan tujuan penelitian. Temuan penelitian mengungkapkan isu problematika dalam implementasi Kurikulum 2013 adalah pemahaman terbatas guru terhadap prinsip asesmen, prinsip pembelajaran integratif, pendekatan saintifik, dan keterampilan perencanaan pembelajaran, keterlambatan distribusi buku, dan infrastruktur yang tidak memadai. Selain itu, ditemukan isu dalam implementasi Kurikulum Merdeka, seperti pemahaman terbatas guru dalam perencanaan, asesmen, pengoperasian teknologi, perancangan dan implementasi proyek penguatan profil siswa Pancasila, dan keterbatasan infrastruktur pendukung implementasi kurikulum.