Pengembangan E-LKPD Berbasis STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Bioteknologi
Development of STEM-based E-LKPD to improve student’s science literacy skills on biotechnology material
DOI:
https://doi.org/10.37304/bed.v4i1.10762Keywords:
e-LKPD, STEM, Bioteknologi, Literasi SainsAbstract
Model STEM (science, technology, engineering, mathematics) melibatkan proses intelektual dan kognitif dengan berpikir tingkat tinggi seperti menganalisis, mengkritik dan mencapai kesimpulan untuk mendukung pembelajaran dapat digunakan dengan menggunakan E-LKPD yang mendukung proses pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah E-LKPD berbasis STEM pada materi bioteknologi layak, praktis dan efektif dalam proses pembelajaran. penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (RnD) dengan model 4D (Define, Design, Developmet, Dessiminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar validasi untuk ahli isi, ahli konstruksi, angket untuk respon guru biologi dan respon peserta didik serta tes yang dilakukan secara pretest-postest untuk melihat keefektifan E-LKPD berbasis STEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis STEM yang telah dikembangkan mendapatkan persentase 80% (validasi materi) dengan kriteria sangat valid, 93,3% (validasi media), dengan kriteria sangat valid, serta 100% (respon guru biologi) dan 87,45% (respon peserta didik) dengan kriteria sangat praktis. E-LKPD juga dinyatakan efektif dilihat dari ketercapaian hasil N-Gain dengan mendapatkan skor rata-rata sebesar 94,81% dengan kategori tinggi. Berdasarkan penjabaran hasil diatas dinyatakan bahwa E-LKPD berbasis STEM yang telah dikembangkan layak, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. E-LKPD yang dikembangkan dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dan guru dapat menggunakan E-LKPD sebagai bahan ajar didalam kelas.
Downloads
References
Bybee, R. W. (2013). The case for STEM education: Challenges and opportunity.
Capraro, M. Robert. Mary Margaret Capraro and James R. Morgan. (2013). Texas A&M University.
Departemen Agama Republik Indonesia. (2005). Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Bandung : Syamil Cipta Media).
Gormally, C, Peggy B, dan Mary L, (2012). Developing a Test of Scientific Literacy Skills (TOLS) : Measuring Undergraduates Evaluation of Scientific Information and Arguments. CBE life Sciences Education. 11, 155-172.
Haryono, A., & Adam, C. (2021). The Implementation of Mini-Research Project to Train Undergraduate Students' Scientific Writing and Communication Skills. Journal of Biological Education Indonesia (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 7(2), 159-170.
Hasibuan, A. M., Saragih, S., & Amry, Z. (2019). Development of Learning Materials Based on Realistic Mathematics Education to Improve Problem Solving Ability and Student Learning Independence.Journal of Mathematics Education. 14(1), 243–252.
Izzatunnisa, Y.A, Aliefman, H. (2019). “Pengembangan LKPD Berbasis Pembelajaran Penemuan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Materi Kimia SMA. Jurnal Pijar MIPA.14(2): 49–54.
Jolly. (2017). STEM by design (strategies and activities for grades 4-8. An eye on education book.
Lou, S.S. Chou. Y.C Shih, R. C & Chung, C.O.C. (2017). A Study of cretivity in Cac 2 Steamship-derived STEM Project-based learning, Eurasia Journal of Mathematics Science and technology aducation, 13 (6).2387-2404.
Lu, H.K & Lin. P.C. (2018). A study on the effect of cognitive style the field of STEM on collacorative learning outcome. International Journal of information and education technology. 8(3). 194-198.
National STEM Education Center. (2014). STEM Education Network Manual. Bangkok: The Institute for the Promotion of Teaching Science and Technology.
OECD. (2019). Pisa 2018 assessment and analytical framework. Paris:OECD Publishing.
OECD. (2019). Pisa 2018 Released field trial and main survey new reading items. Core A, ETS.
Rahayu, Sri. (2017). Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY 2017 Sinergi Penelitian dan Pembelajaran untuk Mendukung Pengembangan Literasi Kimia pada Era Global, Mengoptimalkan Aspek Literasi dalam Pembelajaran Kimia Abad 21. Malang: Jurusan FMIPA Universitas Negeri Malang.
Rustaman. N.Y.(2006). Literasi sains anak Indonesia 2000 dan 2003. Seminar sehari hasil studi internasional prestasi siswa Indonesia dalam bidang matematika, sains dan membaca. Jakarta : Puspendik Depdiknas.
Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP.2(1):470-477.
Sari, Y. P. (2019). Pengembangan Lkpd Elektronik Dengan 3d Pageflip Professional Berbasis Literasi Sains Pada Materi Gelombang Bunyi. UIN Raden Intan Lampung.
Shofiyah, Noly. (2015). Deskripsi Literasi Sains Awal Mahasiswa Pendidikan IPA Pada Konsep IPA. Jurnal Pedagogia. 4(2).
Sugiyono. (2017). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Syaparuddin, S. & Elihami, E. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video Pada Pemelajaran PKN Di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187-200.
Toharuddin, Uus. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. (Bandung: Humaniora). h. 1.
Tseng. K.H. Chang, C.C. Lou, S.J. & Chen, W.P, (2013). Attitudes towards science, technology, engineering and mathematics (STEM) in a project-based learning (PjBL) environtment. International Journal of instruction, 13, 343-356.
World Economic Forum. (2022). The Global Risks Report 2022 17th Edition Insight report. National University of Singapore Oxford Martin School, University of Oxford.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Salwa Sabila, Indayana Febriani Tanjung, Ummi Nur Afinni Dwi Jayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.