Kajian Literatur Integrasi Steam Pada Kurikulum Biologi dan Manfaat Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Literature Review of Steam Integration in Biology Curricuum and its Benefts on Students’ Learning Motivation

Authors

  • Yulia Rahman Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau Kepulauan, Batam
  • Yarsi Efendi Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau Kepulauan, Batam

DOI:

https://doi.org/10.37304/bed.v6i1.22513

Keywords:

STEAM, Biologi, Motivasi Belajar, Kajian Literatur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, And Mathematics) dalam kurikulum biologi serta mengevaluasi manfaatnya terhadap motivasi belajar siswa. Pembelajaran biologi sering kali dianggap abstrak dan sulit dipahami oleh siswa, sehingga dibutuhkan pendekatan inovatif yang mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mereka. Integrasi STEAM diyakini dapat menjembatani teori dan praktik melalui pendekatan multidisipliner yang relevan dengan dunia nyata. Melalui kajian literatur dari berbagai jurnal, buku, dan artikel ilmiah, penelitian ini mengidentifikasi bahwa penerapan STEAM dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan motivasi intrinsik siswa, mendorong kreativitas, serta memperkuat keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif. Selain itu, model pembelajaran berbasis proyek, eksperimen teknologi, visualisasi artistik, dan analisis matematis dalam konteks biologi membuat proses pembelajaran lebih menarik dan bermakna. Artikel ini juga menyajikan studi kasus dan tantangan yang dihadapi dalam implementasinya serta rekomendasi strategis untuk pendidik dan pembuat kebijakan agar integrasi STEAM dapat terlaksana secara optimal di berbagai jenjang pendidikan.

References

Aini, R. P., Yuliati, Y., Febriyanto, B., Majalengka, K., & Barat, J. (2024). Eksplorasi Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran IPA : Tinjauan Sistematis terhadap Literatur yang Ada dan Arah Riset Masa Depan. Prosiding Seminar Nasional PPG FKIP UPR “Transfromasi Pendidikan Di Era Society 5.0,” 1(1), 183–196.

Barkah, E. S., Awaludin, D., Iqbal, M., & Asykuri, E. (2024). Implementasi Model Pembelajaran STEAM ( Science , Technology , Engineering , Art and Mathematics ): Strategi Peningkatan Kecakapan Abad 21. Syntax Admiration, 5(9), 3501–3511.

Dwika, H., & Surtikanti, H. K. (2024). Bahan Ajar Digital Bermuatan Potensi Lokal untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar pada Materi Bioteknologi Konvensional : Literature Review. JURNAL BASICEDU, 8(1), 1–15. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6503

Fadilah, H. N., Milzandi, M. P., Audrey, M. A., & Sains, K. P. (2022). Worksheet-steam sebagai upaya melatih keterampilan proses sains siswa smp. Seminar Nasional IPA XIV, 1(1), 678–692.

Fahira, A. P., Biologi, P., Matematika, F., Alam, P., & Surabaya, U. N. (2025). ANALISIS TREND BIBLIOMETRIK STEM DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. BioEdu, 14(1), 260–269.

Ferianto, A. E. (2024). IMPLEMENTASI PENDEKATAN STEAM TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04), 231–245.

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM BERBASIS PJBL ( PROJECT-BASED LEARNING ) TERHADAP KETERAMPILAN. Jurnal Ilmu Pengetahuan, X(1), 209–226.

Hadzami, S. (2022). Variasi Model Pembelajaran Pada Siswa Di Sekolah Dasar. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 01(02), 1–22.

Halim, A. P. (2021). Analisis Potensi Penerapan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada Kurikulum 2013 Bidang Studi Biologi SMA Kelas X. Bioeduca: Journal of Biology Education, 3(2), 146–159.

Hikmah, N. (2025). META-ANALISIS: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERINTEGRASI STEAM UNTUK PESERTA DIDIK FASE E. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 5(1), 202–209. https://doi.org/10.52562/biochephy.v5i1.1523

Kartika, I., & Aroyandini, E. N. (2022). Analisis prinsip konstruktivisme dalam pembelajaran fisika berbasis Science , Technology , Engineering , Art , and Mathematics ( STEAM ). Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 10(1), 23–33.

Khalishah, N., & Sholikhah, A. (2021). Analisis Hubungan Pendekatan STEAM dengan Etnomatematika pada Pembelajaran Matematika. PROSIDING SANTIKA 2: SEMINAR NASIONAL TADRIS MATEMATIKA UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN, 1(1), 368–378.

Kusmiarti, R., Paulina, Y., Rustinar, E., & Hasbullah, A. (2023). Respon mahasiswa dan dosen terhadap modul sintaksis bahasa Indonesia berbasis STEAM (Student. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(1), 176–188.

Kusumayadi. (2025). i PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STEM ( SCIENCE , TECHNOLOGY , ENGINEERING , DAN MATH ) DALAM KONTEKS BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Biocaster : Jurnal Kajian Biologi E-ISSN, 5(2), 82–91.

Mansyur, M. I. (2024). Analisis Model Pembelajaran STEAM dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIKA: JURNAL ILMU-ILMU KEPENDIDIKAN, 4(1), 23–27.

Prabawati, M. A., Yamtinah, S., & Sidiq, A. S. (2023). Literature Review : Pembelajaran IPA Bermuatan Etno-STEAM sebagai Upaya Pemberdayaan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kurikulum Merdeka. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 1(1), 166–179.

Rahmadana, A., & Agnesa, O. S. (2022). Deskripsi Implementasi Steam (Science, Technology, Enginering, Art, Mathematic) dan Integrasi Aspek “Art” Steam pada Pembelajaran Biologi SMA. JOURNAL ON TEACHER EDUCATION, 4(1), 190–201.

Sugita, D. (2025). LITERATUR REVIEW: PENERAPAN PENDEKATAN STEAM PADA PEMBELAJARAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA. EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 5(1), 103–114.

Tiasna, S. H., Athillah, N. B., Yolanda, V. P., Surabaya, U. N., Surabaya, U. N., & Surabaya, U. N. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM MELALUI BUDAYA LOKAL “ BATIK JUMPUT ’ DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(1), 1–6.

Zalsa, T. (2025). Studi Literatur: Efektivitas Pendekatan STEM dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Jendela Pendidikan, 5(01), 174–183.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Rahman, Y., & Efendi, Y. . (2025). Kajian Literatur Integrasi Steam Pada Kurikulum Biologi dan Manfaat Terhadap Motivasi Belajar Siswa: Literature Review of Steam Integration in Biology Curricuum and its Benefts on Students’ Learning Motivation. BiosciED: Journal of Biological Science and Education, 6(1), 45–55. https://doi.org/10.37304/bed.v6i1.22513

Issue

Section

Biology Education

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.