Peningkatan Hasil Belajar Biologi dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle pada Peserta Didik Kelas VII B Semester Genap SMP Negeri 1 Tamiang Layang

Authors

  • Listin Ngantung SMP Negeri 1 Tamiang Layang, Kalimantan Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37304/bed.v1i1.2663

Keywords:

Inside-otside Circle, Hasil Belajar Biologi, Model pembelajaran kooperatif

Abstract

Model pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning), yang pada prinsipnya merupakan proses pembelajaran berbasis kerja sama antar peserta didik dan antar komponen-komponen lain di sekolah. Dalam upaya peningkatan Hasil Belajar Biologi dengan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle dapat meningkatkan hasil belajar biologi peserta didik kelas VII B SMP Negeri 1 Tamiang Layang telah dilaksanakan dan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-otside Circle meningkatkan dapat menningkatkan hasil belajar biologi pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Telah di praktekkan terhadap Peserta didik dalam pembelajaran biologi dengan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-outside Circle memperoleh rerata hasil belajar lebih baik yaitu 68,35 pada siklus I dan 77,21 pada siklus II. Secara Implikasi Teoritis dapat memperluas pengetahuan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Penggunaan model pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik materi pembelajaran yang akan disampaikan. Implikasi Praktis bagi Guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-outside Circle untuk meningkatkan hasil belajar biologi khususnya pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup, Dalam pembelajaran, guru seharusnya memperhatikan aktivitas peserta didik secara menyeluruh,. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-outside circle sangat efektif untuk semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan usia didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aunurrahman.2009. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Anita Lie. 2008. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta : Penerbit PT Gramedia Widiasarana

Indinesia.

Baharuddin dan Esa Nur W.. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta : ArRuzz Media

Bermawi Munthe. 2009. Desain Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani.

Campbell, Reece Michell.. 2000. Biologi Jilid I. Jakarta : Erlangga.

Daryono.2010. Belajar dan Mengajar. Bandung : CV.Yrama Widya.

Hanafiah dan C. Suhana.2009.Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Haryati,Mimin. 2007. Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan.

Jakarta: Gaung Persada Pers.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Johnson,David W.Johnson, Roger T. Johnson, Edythe Johnson Halubec..2010. Colaborative Learning. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Lif Khoiru Ahmadi, Sofan Amri. 2010. Strategi Pembelajaran Sekolah Berstandar Internasional dan Nasional. Jakarta : PT.Prestasi Pustakaraya

Masidjo.2006. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta :

Penerbit Kanisius.

Muhammad Asrori. 2008. Psikologi Pembelajaran. Bandung : CV.Wacana Prima.

Mutiara Indah. 2004. Mekanisme Kerja Hormon. Medan : USU Digital Library

Nana Sudjana.1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Paul Suparno.2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta :

Penerbit Kanisius.

Paul Suparno.2006. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta :

Penerbit Kanisius.

Purwanto.2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratna Willis Dahar. 1989. Teori-Teori Belajar. Bandung : Penerbit Erlangga.

Susilo, Herawati. 2000. Kapita Selekta Pembelajaran Biologi. Jakarta : Penerbit Universitas Terbuka.

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Wartono dkk. 2004. Sains. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional .

Wenno I.H. 2008. Strategi Belajar Mengajar Sains Berbasis Kontekstual. Yogyakarta : Penerbit Inti Media.

Zaenal Arifin.2009. Evaluasi Pembelajaran.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Ngantung, L. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Biologi dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle pada Peserta Didik Kelas VII B Semester Genap SMP Negeri 1 Tamiang Layang. BiosciED: Journal of Biological Science and Education, 1(1), 35–44. https://doi.org/10.37304/bed.v1i1.2663

Issue

Section

Biology Education