PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE PADA PESERTA DIDIK KELAS VII B SEMESTER GENAP SMP NEGERI 1 TAMIANG LAYANG

Authors

  • Listin Ngantung SMP Negeri 1 Tamiang Layang

DOI:

https://doi.org/10.37304/bed.v1i1.2663

Keywords:

Inside-otside Circle, Hasil Belajar Biologi, Model pembelajaran kooperatif

Abstract

Model pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning), yang pada prinsipnya merupakan proses pembelajaran berbasis kerja sama antar peserta didik dan antar komponen-komponen lain di sekolah. Dalam upaya peningkatan Hasil Belajar Biologi dengan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle dapat meningkatkan hasil belajar biologi peserta didik kelas VII B SMP Negeri 1 Tamiang Layang telah dilaksanakan dan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-otside Circle meningkatkan dapat menningkatkan hasil belajar biologi pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Telah di praktekkan terhadap Peserta didik dalam pembelajaran biologi dengan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-outside Circle memperoleh rerata hasil belajar lebih baik yaitu 68,35 pada siklus I dan 77,21 pada siklus II. Secara Implikasi Teoritis dapat memperluas pengetahuan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Penggunaan model pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik materi pembelajaran yang akan disampaikan. Implikasi Praktis bagi Guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-outside Circle untuk meningkatkan hasil belajar biologi khususnya pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup, Dalam pembelajaran, guru seharusnya memperhatikan aktivitas peserta didik secara menyeluruh,. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-outside circle sangat efektif untuk semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan usia didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-12-01

How to Cite

Ngantung, L. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE PADA PESERTA DIDIK KELAS VII B SEMESTER GENAP SMP NEGERI 1 TAMIANG LAYANG. BiosciED: Journal of Biological Science and Education, 1(1), 41-52. https://doi.org/10.37304/bed.v1i1.2663

Issue

Section

Research Articles