Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Transkripsi dan Translasi untuk Mata Kuliah Genetika

Authors

  • Muhammad Ikbal Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Padang
  • Heffi Alberida Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Padang
  • Yuni Ahda Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.37304/bed.v2i1.2739

Abstract

Materi biologi banyak menjelaskan konsep abstrak seperti proses fisiologis hingga molekuler membuat materi biologi dianggap sulit oleh mahasiswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan, masih banyak mahasiswa menganggap materi pada matakuliah genetika sulit terutama pada materi transkripsi dan translasi. Mahasiswa membutuhkan media vang praktis untuk digunakan dimanapun dan kapanpun serta mampu memvisualisasikan materi tersebut. Media pembelajaran berbasis Android diharapkan mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi transkripsi dan translasi. Penelitian ini merupakan Research and Development menggunakan model 4D, namun pada penelitian ini dibatasi hanya tiga tahapan yaitu Define, Design dan Develop, khususnya sampai validasi produk. Produk media yang dikembangkan berupa media pembelajaran dengan format aplikasi .apk yang bisa dioperasikan pada perangkat smartphone Android dan pada perangkat laptop/PC menggunakan software emulator seperti NOX dan lainnya. Media pembelajaran ini memuat materi transkripsi dan translasi yang terdiri dari menu-menu yaitu: Learning Outcomes (LO), materi (memuat penjelasan serta proses transkripsi dan translasi), latihan (berupa soal-soal dalam bentuk multiple choises), dan tombol keluar. Berdasarkan uji validitas didapatkan hasil validiasi dari ahli materi 97,5% dengan kategori sangat valid dan ahli media juga dapat dikategorikan sangat valid sebesar 83.8%. Berdasarkan hasil tersebut didapatkan angka validitas sebesar 91,2% dengan kategori sangat valid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S., & Jabar. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, E., & Nurcahyo, H. (2019). Development of Biology Learning Media Based on Adobe Flash to Increase Interest and Conceptual Understanding. Journal Physics: Conference Series , 1-8.

Cavalho, J. C., Beltramini, L. M., & Bossolan, N. R. (2018). Using a Bord Game to Teach Protein Synthesis to High School Student. Journal of Biological Education , 1-12.

Fadri, R., Ahda, Y., Zulyusri, & Sumarmin, R. (2018). Needs Analysis of Development Interactive Multimedia Learning Based Android on Molecular Genetic Material in University. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT) , Vol. 6 (No.2), 488-492 .

Fitriana, D. E., Amelia, E., & Marianingsih, P. (2017). Penyusunan Modul Pembelajaran Berbasis Sains Teknologi dan Masyarakat (STM) Pada Konsep Bioteknologi (Sebagai Bahan Ajar Siswa SMA Kelas XII). BIOSFER: Jurnal Pendidikan Biologi (BIOSFERJPB) , 10 (2), 60-72.

Haryono, A., Basuki, B., Adam, C., Savitri, S., Araina, E., & Fahrina, R. (2021). The Development of eLEMA-SCL Protozoa for Invertebrate Zoology Courses. International Conference on Elementary Education, 3(1), 212-218. Retrieved from http://proceedings2.upi.edu/index.php/icee/article/view/1465

Mahmudati, N. (2015). Pengembangan Mutu Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Mahasiswa pada Bidang Studi Genetika Dasar Melalui Lesson Study. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (pp. 504-509). Malang: Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang.

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan , 2 (1), 95-105.

Munir. (2012). MULTIMEDIA: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Ningsih, L. R., Miarsyah, M., & Rusdi, R. (2019). Interactive media of respiratory system material "resymart" based on problem-based learning. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia) , 459-470.

Noviar, D. (2016). Pengembangan Ensiklopedi Biologi Moile Berbasis Android Materi Pokok Pteridophyta dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Cakrawala Pendidikan , XXXV (2), 198-207.

Pahlifi, D. M., & Fatharani, M. (2019). Android-Based Learning Media on Human Respiratory System Material for High School Students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA , 109-116.

Rusman. (2011). Pembelajaran Berbasis TIK: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Setiana, H., & Hansun, S. (2017). Gamified Android Based Academic Information System. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) , 6 (2), 164-173.

Setiawan, H., Alimi, M. S., Alimah, S., Kurniawan, F. H., & Zahro, R. N. (2015). Implementating Contextual Biology Game Learning (CBGL) in Digital Era with Pterodovela in Smartphone to Improving Senior High School Student's Abilities in Learning Diversity of Bryophyta and Pterodophyta in Indonesia. PEOPLE: International Journal of Social Science , 197-212.

Sophia, A., Yensasnidar, & Hardiansyah, N. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medis (TLM). Jurnal IPTEKS Terapan , 13 (3), 186-194.

Statcounter. (2020, August). Mobile Operating System Market Share in Indonesia November 2019 - November 2020. Dipetik 11 6, 2020, dari Statcounter GlobalStats: https://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/indonesia

Suryanda, A., Ernawati, & Maulana, A. (2016). Pengembangan Modul Multimedaia Mobile Learning dengan Android Studio 4.1 Materi Keanekaragaman Hayati Bagi Siswa SMA Kelas X. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi (BIOSFERJPB) , 9 (1), 55-64.

Thiagarajan, S., Semmel, D., & M. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Washington D.C.: Bloomington: Indiana University.

Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pemebelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA , 2 (1), 88-99.

Zaheer, S., Butt, S. M., Anatolyevna, G. V., & Salmani, H. (2018). Do Mobile Technology in the Classroom Really Improve Learning Outcomes? International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) , 7 (3), 188-193.

Downloads

Published

2021-06-21

How to Cite

Ikbal, M., Alberida, H., & Ahda, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Transkripsi dan Translasi untuk Mata Kuliah Genetika. BiosciED: Journal of Biological Science and Education, 2(1), 36–46. https://doi.org/10.37304/bed.v2i1.2739

Issue

Section

Biology Education