Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Konsumsi Para Gen Z di Palembang dalam Membeli Produk Thrift

Authors

  • Alindri Tita Ramadhani
  • Kheyra Al Zaphira Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Bias Puspa Pitaloka Dewa Brata
  • Maya Panorama

DOI:

https://doi.org/10.52300/blnc.v17i2.21175

Keywords:

Pengaruh Media Sosial, Perilaku Konsumsi, Generasi Z.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap perilaku konsumsi Gen Z di Palembang dalam membeli produk thrift. Dengan menggunakan metode survei dan 38 responden, hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumsi Gen Z di Palembang dalam membeli produk thrift. Mayoritas responden puas dengan produk thrift yang dibeli melalui media sosial, dengan 31 responden (78,9%) menyatakan puas dan 5 responden (13,2%) sangat puas. Hal ini menunjukkan bahwa media sosial dapat menjadi sarana efektif untuk mempromosikan produk thrift dan meningkatkan kesadaran konsumen Gen Z di Palembang. Sehingga menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti harga, kualitas, dan gaya hidup dapat mempengaruhi keputusan pembelian Gen Z dalam membeli produk thrift. Dengan demikian, penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pelaku usaha thrift di Palembang untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan kepuasan konsumen melalui media sosial. Selain itu, penelitian ini juga dapat membantu memahami perilaku konsumsi Gen Z dalam membeli produk thrift dan bagaimana media sosial dapat mempengaruhi keputusan pembelian mereka.

References

Agatha, R., Salsabila, C., Holida, N., & Nurianti, S. D. (2023). Konstruksi Pemasaran Thrifting Menggunakan Media Sosial. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 2(4), 198-209.

Agnesvy, F., & Iqbal, M. (2022). Penggunaan Trend Fashion Thrift sebagai Konsep Diri pada Remaja di Kota Bandung. Avan Garde, 10(02), 254–271.

Archerya Alinsa Agustien. (2024). Trend Thrifting di Kalangan Gen Z di Surakarta. Universitas Muhammadiah Surakarta.

Hertati, Nur Fitriyah (2022) Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Minat Beli Produk Thrifting Pada Remaja Generasi Z. S1 thesis,STIE Indonesia Banking School.

Julia, S. R., Zunaedi, R. A., & Putra, P. S. (2024) Analisis Persepsi Generasi Z terhadap Pembelian Pakaian Bekas Pada Sosial Media di Indonesia. Journal Og Management and Digital Business, 4(2), 157-174.

Mita, T. L. Pengaruh Lingkungan terhadap Perilaku Konsumen dalam Thrifting-shopping.

Muhammad Na'im. (2023) ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN, PENDAPATAN, GAYA HIDUP, HARGA, DAN KEPEMILIKAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PAKAIAN BEKAS / THRIFTING (Studi Kasus : Konsumen Generasi Z Kota Surakarta Tahun 2023). Universitas Sebelas Maret.

Mutmainna, R., & Alyasyah, A. S. P. (2024). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Loyalitas Pelanggan: Peran Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Toko Thrift Cemma Dikota Makassar. Jurnal Interdisipliner, 1(3), 222-232.

Nicky Armayfa Asrun, Ade Gunawan. (2024) Pengaruh Gaya Hidup dan Media Sosial terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z dengan Literasi Keuangan sebagai Media Intervening di Kota Medan. Universitas Muhammadiyah Medan.

Rais, A. A. (2021). Kegiatan Pemasaran Media Sosial, Pengaruh Aktivitas Ekuitas Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Konsumen Pakaian Thrifting Di Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.

VIPKE, J. (2023). PENGARUH FASHION LIFESTYLE, BRAND IMAGE, DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN SECOND BRANDED DI BEBERAPA PLATFROM PENJUALAN ONLINE DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Remaja Generasi Gen Z Kota Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Alindri Tita Ramadhani, Al Zaphira, K., Bias Puspa Pitaloka Dewa Brata, & Maya Panorama. (2025). Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Konsumsi Para Gen Z di Palembang dalam Membeli Produk Thrift. Balance: Media Informasi Akuntansi Dan Keuangan, 17(2). https://doi.org/10.52300/blnc.v17i2.21175

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.