Pengembangan Modul Daring Berbasis LKPD menggunakan Model PBL pada Materi Fluida Statis

Authors

  • Risqi Agustina Universitas Palangka Raya
  • Andi Bustan Universitas Palangka Raya
  • Theo Jhoni Hartanto Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/bpjps.v4i1.4544

Keywords:

Modul, Problem Based Learning (PBL), Fluida Statis

Abstract

Abstrak –Pengembangan modul pembelajaran daring berbasis LKPD dengan menggunakan model PBL pada materi fluida statis diperlukan untuk menghasilkan bahan ajar yang dapat  mempermudah guru dalam mengajar dan mendukung peserta didik dalam proses pembelajaran secara ilmah selama masa pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui hasil validasi modul daring berbasis LKPD dengan menggunakan model PBL pada materi fluida statis,  (2) mengetahui respon guru terhadap modul daring berbasis LKPD dengan menggunakan model PBL pada materi fluida statis dan (3) mengetahui respon siswa terhadap modul daring berbasis LKPD dengan menggunakan model PBL pada materi fluida statis . Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Sasaran produk dalam penelitian adalah guru Fisika  kelas XI dan siswa kelas XI-MIPA 3 SMAN 1 Palangka Raya sebagai subjek. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen lembar validasi, instrumen angket respon guru dan angket respon  siswa terhadap pengembangan modul pembelajaran daring berbasis LKPD dengan menggunakan model PBL pada materi fluida statis. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Hasil validasi modul daring berbasis LKPD dengan menggunakan model PBL pada materi fluida statis hasilnya valid, dengan persentase hasil  validasi rata-rata semua aspek adalah sebesar 76,25% (2) Hasil respon guru terhadap modul daring berbasis LKPD  pada materi fluida statis mendapat respon yang baik dengan persentase hasil respon guru rata-rata semua aspek adalah sebesar 76,86% (3) Hasil respon siswa terhadap modul daring berbasis LKPD pada materi fluida statis mendapat respon yang baik dengan persentase hasil respon guru rata-rata semua aspek adalah sebesar  76,66%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-06-2022

How to Cite

Agustina, R., Bustan, A., & Hartanto, T. J. (2022). Pengembangan Modul Daring Berbasis LKPD menggunakan Model PBL pada Materi Fluida Statis. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 4(1), 10–18. https://doi.org/10.37304/bpjps.v4i1.4544

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2