Analisis Hasil Pembelajaran Fisika Kelas X Sma Negeri 5 Palangka Raya Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.37304/bpjps.v4i2.5350Keywords:
analisis, respon siswa, hasil pembelajaran fisikaAbstract
Pembelajaran fisika adalah pembelajaran ilmu alam. Ilmu alam terbagi menjadi ilmu fisik dan ilmu biologi. Pembelajaran fisika bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir melalui konsep fisika.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil pembelajaran fisika kelas X di SMA Negeri 5 Palangka Raya.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 5 Palangka Raya. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 3 X di SMA Negeri 5 Palangka Raya yang berjumlah 31 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data berupa hasil ulangan akhir semester mata pelajaran fisika dan memberikan instrument berupa angket kepada responden yaitu siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 5 Palangka Raya. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh (1) Hasil belajar kognitif memperoleh 30 orang siswa yang tuntas dan 1 orang siswa yang tidak tuntas dari 31 siswa. persentase rata-rata 96% melebihi ketuntasan klasikal yang ditetapkan yaitu 75%, dan TPK yang tuntas sebanyak 37 TPK dan TPK yang tidak tuntas sebanyak 3 TPK (92%) dan TPK yang tuntas sebanyak 3 TPK (8%) dari 40 TPK. (2) Hasil respon siswa terhadap pembelajaran fisika yaitu Aspek Pendahuluan pembelajaran di peroleh dangan hasil persentase sebesar 87% dengan kategori sangat baik, aspek kegiatan inti proses pembelajaran di peroleh dangan hasil 82% dengan kategori sangat baik, aspek penutup proses pembelajaran diperoleh 82% dengan kategori sangat baik. sedangkan faktor pendukung 64% siswa yang mengerjkan sendiri, 19% dibantu teman / bekerjasama, 5% dibantu orang tua / saudara dan 12% bantuan internet.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Aulia Rahman, Mumammad Nawir, Suhartono Suhartono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.