Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Cahaya dan Alat Optik di Kelas VIII SMP Kristen Palangka Raya

Keywords:

inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, cahaya dan optik, hasil belajar kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keterampilan proses sains dan bagaimana ketuntasan hasil belajar kognitif siswa setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi cahaya dan alat optik di kelas VIII semester genap SMP Kristen Palangka Raya. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen menggunakan rancangan One-Shot Case Study. Sampel dalam penelitian ini sebanyak satu kelas yaitu kelas VIII-2 yang berjumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar keterampilan proses sains secara kelompok dan lembar keterampilan proses sains secara individu dan tes hasil belajar kognitif. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh (1) Hasil keterampilan proses sains siswa secara (a) kelompok dengan rata-rata 77% dengan kategori baik, dan (b) secara individu sebanyak 23 siswa yang mengikuti tes diperoleh 30% siswa memperoleh kategori sangat baik, 61% siswa memperoleh kategori baik dan 9% siswa memperoleh kategori cukup baik, (2) Hasil belajar siswa secara individu dari 23 siswa diperoleh 16 siswa yang tuntas dan 7 siswa tidak tuntas. Secara klasikal, pembelajaran tidak tuntas karena hanya diperoleh 70% siswa yang tuntas dan tidak mencapai standar ketuntasan klasikal yang di tetapkan yaitu ? 75%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-06-2019

How to Cite

Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Cahaya dan Alat Optik di Kelas VIII SMP Kristen Palangka Raya. (2019). Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 1(1), 26–31. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/bpjps/article/view/bpjpsv1i1a5