Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika dengan Penggunaan Media Simulasi PhET (Physics Education Technology)

Authors

  • Yeprina Prihatini Asie SMAN 1 Palangka Raya

Keywords:

motivasi belajar, hasil belajar, PhET

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar fisika dengan penggunaan media simulasi Physics Education Technology (PhET), serta kendala yang dialami dalam proses pembelajaran. Instrumen yang digunakan terdiri dari angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa, dan tes hasil belajar fisika berbentuk pilihan ganda. Data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif. Setelah penulis melakukan proses pembelajaran dengan media simulasi PhET di kelas X MIPA 2 SMAN 1 Palangka Raya tahun ajaran 2018/2019 terjadi peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Kendala yang dialami saat pembelajaran berasal dari dalam diri siswa, karena baru pertama kali menggunakan simulasi serta tergoda untuk meninggalkan simulasi untuk membuka aplikasi lain dalam laptop.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

28-12-2019

How to Cite

Asie, Y. P. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika dengan Penggunaan Media Simulasi PhET (Physics Education Technology). Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 1(2), 46–49. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/bpjps/article/view/bpjpsv1i2a3