Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

Articles

Vol. 1 No. 2 (2019): Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains

Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika dengan Penggunaan Media Simulasi PhET (Physics Education Technology)

Submitted
17 May 2021
Published
28-12-2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar fisika dengan penggunaan media simulasi Physics Education Technology (PhET), serta kendala yang dialami dalam proses pembelajaran. Instrumen yang digunakan terdiri dari angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa, dan tes hasil belajar fisika berbentuk pilihan ganda. Data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif. Setelah penulis melakukan proses pembelajaran dengan media simulasi PhET di kelas X MIPA 2 SMAN 1 Palangka Raya tahun ajaran 2018/2019 terjadi peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Kendala yang dialami saat pembelajaran berasal dari dalam diri siswa, karena baru pertama kali menggunakan simulasi serta tergoda untuk meninggalkan simulasi untuk membuka aplikasi lain dalam laptop.

Downloads

Download data is not yet available.