Pengaruh Model Pembelajaran SETS dan STS Terhadap Peningkatan Literasi Sains Siswa

Authors

  • Rezki Afifah Universitas Palangka Raya
  • Fakhruddin Universitas Palangka Raya
  • Marsi D. S. Bani Universitas Palangka Raya

Keywords:

sains, lingkungan, masyarakat dan teknologi, literasi sains

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian randomised gropu comparison design yang dilaksanakan di salah satu SMA di kota Kupang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan literasi sains siswa yang menggunakan model pembelajaran SETS lebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran STS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yaitu siswa kelas XI MIA2 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen 2 yang diajar menggunakan model pembelajaran  STS,  sedangkan  siswa  kelas  XI  MIA3   yang  berjumlah  35  siswa  sebagai  kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran SETS. Kemampuan literasi sains siswa dalam penelitian ini diperoleh dari instrumen tes soal literasi sains. Aspek literasi sains siswa yang diteliti meliputi mengidentifikasi isu atau permasalahan ilmiah, menjelaskan fenomena ilmiah dan menggunakan bukti ilmiah. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t diperoleh bahwa kemampuan literasi sains siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran SETS lebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran STS yang dibuktikan dengan thitung = 3,664 > ttabel = 1,832 pada taraf signifikan 0,05%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

29-06-2020

How to Cite

Afifah, R., Fakhruddin, & Bani, M. D. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran SETS dan STS Terhadap Peningkatan Literasi Sains Siswa. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 2(1), 25–30. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/bpjps/article/view/bpjpsv2i1a5