FILOSOFI “TRIASIH” PADA PENCIPTAAN DESAIN MOTIF BATIK YANG BERMAKNA HARAPAN

Authors

  • Silvia Ramadhani Desain Mode Batik, ISI Surakarta
  • Aan Sudarwanto Desain Mode Batik, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.37304/enggang.v4i2.10392

Keywords:

Triasih, Harapan, Batik, Budaya, Motif

Abstract

Budaya Indonesia adalah budaya yang erat kaitannya dengan kesenian tradisional dengan khas yang unik dan berbeda-beda, meliputi wayang kulit, angklung, batik, pencak silat, dan lainnya. Semua budaya Indonesia ini telah diakui oleh UNESCO, salah satunya adalah batik. Batik merupakan identitas yang dapat dinikmati keindahan visualnya baik dari motif maupun warna yang digunakan. Batik sendiri memiliki makna yang berbeda-beda disetiap daerah. Dalam penelitian ini menggunakan metode yang melibatkan tiga tahap penciptaan karya seni yaitu eksplorasi, perencanaan, dan perwujudan. Motif batik yang dihasilkan dalam penelitian ini bernama "Triasih" yang memiliki makna Harapan. Motif dalam batik ini berkaitan dengan 3 budaya Indonesia yang menjadi motif utama yaitu wayang, keris, canting, dan beberapa motif pendukung, seperti tali penghubung, motif daun waru, motif ikat, motif tumpal, dan gunungan, serta isen-isen ceceg yang masing-masing motif memiliki makna filosofis yang beragam dan memiliki makna Harapan untuk kebudayaan yang ada di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung Cahyana, FP Sri Wuryani, S. (n.d.). OPTIMASI PRODUKSI BATIK DENGAN TEKNIK WAX PRINT SCREEN (WPS) UNTUK PERAJIN BATIK KEMBANG KELI DI KABUPATEN WONOSOBO.

Hukum, F., Sosial, I., Politik, I., & Terbuka, U. (2022). Jurnal Mediakita Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam. 3(1), 1–10.

Kristie, S., Darmayanti, T. E., & Kirana, S. M. (n.d.). MAKNA MOTIF BATIK PARANG SEBAGAI IDE DALAM. 57–69.

Nugroho, S. (2013). DESAIN WAYANG PADA BATIK RAKYAT EKS-KARESIDENAN.

(2), 241–250.

Of, E., Crochet, T. H. E., Inroom, T., Using, D., Material, V., Teknik, E., Pada, C., Ruang, P., & Vetterban, M. (2021). Arty : Jurnal Seni Rupa EXPLORATION OF THE CROCHET TECHNIQUE INROOM DIVIDERS USING VETERBAN MATERIAL.

(1), 53–62.

Parmono, K. (1995). Simbolisme Batik Tradisional. 28–35.

Print, I., Online, I., Hakim, L., Rahmanto, H. R., Kristanto, S. P., & Yusuf, D. (2023).

Volume 17 , Nomor 1 , Januari 2023 , Page 203-211 KLASIFIKASI CITRA MOTIF

BATIK BANYUWANGI MENGGUNAKAN CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK. 17, 203–211.

Sudarwanto, A. (2019). PENERAPAN MODEL BENTUK TRANFORMASI MENGGUNAKAN TEKNIK KARAKTER TERKUAT UNTUK MENGHASILKAN MOTIF BATIK. 1–11.

Published

2024-05-17

How to Cite

Ramadhani, S., & Aan Sudarwanto. (2024). FILOSOFI “TRIASIH” PADA PENCIPTAAN DESAIN MOTIF BATIK YANG BERMAKNA HARAPAN. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 4(2), 55–68. https://doi.org/10.37304/enggang.v4i2.10392