TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM NOVEL PASTELIZZIE KARYA INDRAYANI RUSADY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Dahlia Mirawati Dahlia Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.7775

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur ilokusi ekspresif apa saja yang terdapat pada novel Pastelizzie karya Indrayani Rusady, penulis juga ingin mengetahui bagaimana penggunaan bentuk tindak tuturnya serta implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Teknik penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian berdasarkan analisis yang telah dilakukan oleh penulis menunjukan adanya bentuk serta penggunaan tindak tutur ilokusi ekspresif dalam novel Pastelizzie karya Indrayani Rusady, yaitu ilokusi ekspresif meminta maaf sebanyak 47 tuturan dengan presentase sebesar 21%, ilokusi ekspresif memuji sebanyak 39 tuturan dengan presentase sebesar 18%, ilokusi ekspresif terima kasih sebanyak 38 tuturan dengan presentase sebesar 17%, ilokusi eskpresif menyalahkan sebanyak 38 tuturan dengan presentase sebesar 17%, ilokusi ekspresif mengkritik sebanyak 29 tuturan dengan presentase sebesar 13%, ilokusi ekspresif mengeluh sebanyak 26 tuturan dengan presentase sebesar 12%, dan ilokusi ekspresif ucapan selamat sebanyak 4 tuturan dengan presentase sebesar 2%. Maka, dapat disimpulkan bahwa tindak tutur ilokusi ekspresif yang dominan dalam novel Pastelizzie karya Indrayani Rusady adalah ilokusi ekspresif meminta maaf sebanyak 47 tuturan dengan presentase sebesar 21%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief, N. R. 2015. Tindak Tutur Guru Dalam Wacana Kelas. Malang: Worldwide Readers.

Dakiroh, I. 2017. Tindak Tutur dalam Novel Api Tauhid Karya Habiburrahman El-Shirazy. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Gereda, A. 2016. Konsep-Konsep Dasar Pragmatik. Yogyakarta: Lingkarantarnusa.

Jaya, I M. L. M. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Yogyakarta: Quadrant.

Putrayasa, I. B. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Perdana, I., & Misnawati, M. P. (2019). Cinta dan Bangga Berbahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. SPASI MEDIA.

Poerwadi, P., & Misnawati, M. P. Deder dan Identitas Kultural Masyarakat Dayak Ngaju. GUEPEDIA.

Ramadhina, M. Y., Warmayana, I. G., Fajarianti, A. C., Kholda, K., Subrata, H., Rahmawati, I., & Choirunnisa, N. L. (2022). KREASI MINI WATER HEATER DARI BARANG BEKAS: MEDIA BERBASIS STEAM UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 122-250.

Rahmatullah, A. S., & Ghufron, S. (2021). The Effectiveness Of'facebook'as Indonesian Language Learning Media For Elementary School Student: Distance Learning Solutions In The Era Of The Covid-19 Pandemic. MULTICULTURAL EDUCATION, 7(04), 27-37.

Rinto Alexandro, M. M., Misnawati, M. P., & Wahidin, M. P. (2021). Profesi Keguruan (Menjadi Guru Profesional). Gue.

Salsabila, S., Syamsir, M. S., Putri, A. N., & Rahmayanti, A. (2022). ANALISIS DAMPAK PERKULIAHAN DARING (ONLINE) PADA SAAT PANDEMI TERHADAP HUBUNGAN SOSIAL MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI PADANG. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 122-250.

Sitepu, K. H. B., Poerwadi, P., & Linarto, L. (2021). Realisasi Ilokusi Tindak Tutur Direktif Dalam Dialog Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Biologi di SMAK Santo Aloysius Palangka Raya. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(1), 79-90.

Susi, S., Nurachmana, A., Purwaka, A., Cuesdeyeni, P., & Asi, Y. E. (2021). Konflik Sosial Dalam Novel Nyala Semesta Karya Farah Qoonita. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 32-43.

Sudaryana, B. 2018. Metode Penelitian: Teori dan Praktek Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Vania, D. T. 2020. Tindak Tutur Ilokusi Ekspresif dalam Film Keluarga Cemara Karya Yandy Laurens. Skripsi. Yogyakarta. Pendidikan Bahasa.

Yule, G. 2017. Pragmatic (Pragmatik). (Jumadi). Yogyakarta: Penerbit Ombak. (Original Oxford University Press, 1996).

Wiyanto, M. S., Misnawati, M., & Dwiyanti, D. R. (2022). Penerapan Strategi Penolakan dalam Komunikasi Pembelajaran Bahasa Inggris antara Guru dan Siswa di SMK PGRI 1 Jombang. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 3076-3084.

Downloads

Published

2022-12-02

How to Cite

Dahlia, D. M. (2022). TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM NOVEL PASTELIZZIE KARYA INDRAYANI RUSADY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(1), 01–11. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.7775