Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Madrasah Terhadap Kompetensi Pedagogik Pendidik Di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Gunung Mas Kecamatan Marga Sekampung Kabupaten Lampung Timur

Authors

  • Ari Supadi Universitas Islam An-Nur Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.8380

Keywords:

Kompetensi Pendidik, Kompetensi Pedagogik, Akademik.

Abstract

“Kompetensi pendidik pada dasarnya merupakan gambaran tentang apa yang dapat dilakukan seseorang dalam suatu pekerjaan, yang berupa kegiatan, prilaku dan hasil yang seyogyanya dapat ditampilkan atau ditunjukan. Agar dapat melakukan pekerjaannya, tentu saja seseorang harus memiliki kemampuan dalam bentuk pengetahuan (knowledge), sikap (attitude) dan keterampilan (skill) yang sesuai dengan bidang pekerjaannya dan kemudian diaktualisasikan oleh pendidik dalam melaksanakan tugas keprofesionalan. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai kompetensi yang dimiliki”.

Penelitian ini merumuskan masalah yaitu Adakah Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Madrasah terhadap Kompetensi Pedagogik Pendidik di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Gunung Mas Kecamatan Marga Sekampung Kabupaten Lampung Timur?Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Madrasah terhadap Kompetensi Pedagogik pendidik di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Gunung Mas Kecamatan Marga Sekampung Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, kemudian yang menjadi populasinya yaitu berjumlah 30 Pendidik. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, sedangkan untuk metode dokumentasi sebagai metode penunjang. Kemudian untuk menganalisa data menggunakan Korelasi Koefisien Linier Ganda Parsial. Maka hipotesis dalam penelitian ini adalah Ha: Terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Madrasah terhadap Kompetensi Pedagogik Pendidik di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Gunung Mas Kecamatan Marga Sekampung Kabupaten Lampung Timur.

   Hasil menunjukan bahwa hasil analisa data yang telah dilakukan dengan menggunakan analisis SPSS 19.0 dengan menghasilka Uji analisis korelasi sederhana pengaruh (X) dengan (Y) menunjukkan bahwa hasil analisis 0.000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dan (X) dengan (Y) menunjukkan bahwa hasil analisis 0,003< 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima.Sedangkan pada Uji secara serempak (Uji F ) menunjukkan bahwa Pada tingkat signifikan 5% nilai F hitung lebih besar dari F tabel (7,645 > 4,737), maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa variabel bebas secara bersama-sama mempengaruhi yang signifikan dengan variabel terikat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ari Supadi. (2022). Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Kemampuan Kognitif Siswa Di Mi Darul Hikmah Gunung Mas Kecamatan Marga Sekampung Kabupaten Lampung Timur. Ari Supadi. Https://Journal.An-

Istichomah, B. U., Sarbanun, A., & Setyaningsih, R. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Madrasah Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Mts Al Hikmah Makarti Mulya 2021/2022. 01(01), 670–677.

Mendiknas, Katalog Dalam Terbitan (Kdt), Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional & Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen, Cet. 2, (Jakarta: Visimedia Pustaka, 2007)

Mustafida, Andi Warisno, N. H. (2019). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kompetensi Profesional Guru Di Ma Hidayatul Mubtadiin Desa Sidoharjo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 7, 9–25. Http://Journal.An-Nur.Ac.Id/Index.Php/Annur/Article/View/89/74

Nanang Fattah, Manajemen Berbasis Sekolah, (Bandung: Andika, 2000)

Sarbanun, A., & Setyaningsih, R. (2022). Pengaruh Supervisi Klinis Pengawas Madrasah Dan Supervisi Akademik Kepala Madrasah Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Mts Negeri 2 Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022. 01(01), 862–872.

Satmoko. R.S, Pengembangan Guru Dalam Perseptif Budaya, (Semarang: Ikip Semarang Perss, 1992)

Setyaningsih, R. (2020). Akulturasi Budaya Jawa Sebagai Strategi Dakwah. Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 5(01). https://doi.org/10.32332/riayah.v5i01.2304

Setyaningsih, R., Khodijah, N., & Munir, M. (2021). The effect of single-parent parenting, peer conformity, and self-concept on adolescent religiosity. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2951–2964. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.822

Soediyarto, Menuju Pendidikan Nasional Yang Relevan Dan Bermutu, (Jakarta: Balai Pustaka, 2014)

Soediyarto, Menuju Pendidikan Nasional Yang Relevan Dan Bermutu,

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Dan Motivasi, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1994)

Downloads

Published

2022-12-22

How to Cite

Ari Supadi. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Madrasah Terhadap Kompetensi Pedagogik Pendidik Di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Gunung Mas Kecamatan Marga Sekampung Kabupaten Lampung Timur. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(1), 156–172. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.8380