Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Literasi Baca Tulis Dan Numerasi Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Ery Wahyuti Universitas PGRI Semarang
  • Purwadi Purwadi Universitas PGRI Semarang
  • Nila Kusumaningtyas Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.37304/enggang.v3i2.8730

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, PAUD, Lembaga Pendidikan.

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah adalah sebuah kemampuan yang harus dimiliki setiap individu karena di dalam kehidupan sehari-hari individu pasti akan dihadapkan dengan permasalahan yang memerlukan penyelesaian. Kemapuan pemecahan masalah harus distimulasi sejak dini supaya ketika dewasa anak-anak sudah terlatih dan tangguh  dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. PAUD sebagai lembaga Pendidikan untuk anak usia dini memiliki peranan penting dalam menstimulasi kemampuan pemecahan masalah pada anak. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hewi .2020 “Pengembangan Literasi nak Melalui Permainan Dadu Literasi” Dalam Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Atfal Vol.8,No.1,Juni 2020.

Indriyani.2019.” Literasi Baca Tulis dan Inovasi Kurikulum Bahasa” dalam Jurnal Keilmuan Bahasa Sastra dan Pengajarannya Vol.5.No 1, 2019

Keputusann Kepala Badan Standar Kurikulum dan Assesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi No 008 tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.

Kusmiarti.2019. “Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industri 4.0 “ dalam Jurnal Seminar Nasional Bulan Bahasa.2019

Lestari.2020 “Pentingnya Mendidik Problem Solving pada Anak Melalui Berma-in” dalam Jurnal Pendidikan Anak Vol.9, No.2.2020.

Masyah dkk.2017 “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Bermain Tebak Gambar pada Anak Kelompok A di PAUD Kemala Bhayang-kari Bengkulu Utara” dalam Jurnal Ilmiah Potensia Vol.2, No.2,2017.

Munandar.2014.Pengembangan Kreativtas Anak Berbakat.Rineksa Tjipta: Jakarta

Muthi dkk.2021 “Efektifitas Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 3-6 Tahun” dalam Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol.3, No.2,2020.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini

Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi No 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Permata.2020. “Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Anak Usia 4-5 Tahun.Dalam Jurnal Penelitian Inovasi PemBelajaran Vol.2.2020.

Purnamasari dkk.2019 “Penerapan Pembelajaran Literasi Dalam Menstimulasi Keaksaraan Awal Anak Usia Dini” Dalam Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.2019.

Sanusi dkk.2020 “ Pola Pembiasaan Pemecahan Masalah Bagi Anak Usia Dini” Dalam Jurnal Golden Age Vol.4,No.1,Juni 2020.

Sartika dkk.2019 “Pengaruh Media Puzzle Terhadap Kemampuan Pengenalan Huruf Pada Anak Kelompok A di TK AR RahmanKecamatan Sukahening” Dalam Jurnal PAUD Agapedia Vol.3, No.1,2019.

Syaodih dkk.2018 “Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Proyek di Taman Kanak-Kanak” Dalam Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol.12, No.1,2018.

Downloads

Published

2023-05-04

How to Cite

Ery Wahyuti, Purwadi Purwadi, & Nila Kusumaningtyas. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Literasi Baca Tulis Dan Numerasi Pada Anak Usia Dini . ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2), 09–20. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i2.8730