MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH MELALUI “PROCESS APPROACH” PADA SISWA/I SMA PANCA BUDI

Authors

  • Fitri Ayu Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Devi Anggriani Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Nizamuddin Nizamuddin Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.37304/enggang.v3i2.8797

Keywords:

Kemampuan Menulis, Karya Ilmiah, Process Approach

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya masalah yang ditemukan ketika dilakukan pra survey di Kelas XII MIA 4 SMA Panca Budi yang merupakan mitra bidang pendidikan dari Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB). Adapun permasalahan yang ditemukan adalah siswa- siswi merasa sangat sulit ketika diminta untuk menulis apalagi jika itu terkait dengan tulisan karya ilmiah. Hal ini menjadi masalah serius sebab kelas XII adalah kelas yang para siswanya akan segera tamat dan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Untuk itulah penelitian ini dilakukan sebagai sebuah tawaran solusi yang akan memandu para siswa tersebut untuk menulis dengan menggunakan sebuah pendekatan yakni pendekatan proses “Process Approach”. Metodel penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah yang cukup signifikan. Hal ini dibuktikan dengan pergerakan nilai rata- rata menulis siswa dari 63,10 pada saat pre-test, menjadi 73,13 pada saat test di siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 88,82 pada test di siklus 2. Dengan kata lain, process approach telah terbukti mampu meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah siswa khususnya siswa kelas XII MIA 4 SMA Panca Budi.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Abdul Rahman & Waluyo. 2000. Pendidikan Anak Bermasalah: Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmad Rofi’udin dan Darmiyati Zuhdi. (1998). Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Tinggi. Jakarta: Dirjen Dikti.--------------- . (2001). Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Tinggi. Jakarta: Dirjen Dikti.

Dodon.2020. Populasi, Sample, Subyek dan Obyek Penelitian (Penelitian Kuantitaif,KualitatifdanPTK)http://abangdodon.blogspot.com/2014/04/populasi-sample-sabyek-dan-obyek.html diakses pada 02022020

Djuroto, Totok dan Suprijadi, Bambang. 2003. Menulis Artikel dan Karya Ilmiah (Cetakan ke-2). Bandung: Remaja Rosda Karya.

Kemmis, S & Mc Taggart, R. 1992.The Action Research Planner. Australia:Deakin University Press.

lyons, Liz.H and Heasley.B Study Writing ( United Kingdom: Canbridge, 2009).

Mawarni, Asmi. 2012. Keefektifan Pendekatan Proses dalam Pembelajaran Menulis Opini Siswa Kelas XI SMA Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Madyo, Ekosusilo. 1995. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Semarang Effhar.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Menulis secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya.

Conny. 1992. Pendekatan Keterampilan proses. Jakarta: Gramedia

Hernowo. 2002.Mengikat Makna, Kiat-KiatAmpuh untuk Melejitkan Kemauan, dan Kemampuan Membaca, dan Menulis. Bandung: Kaifa.

H, Achmad. P & Alek. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi (Substansi Kajian dan Penerapannya). Jakarta: Erlangga.

Rofi’uddin, Ahmad dan Zuhdi, Darmiyati. (1999).Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.

Syaiful Sagala. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Siswanto, Wahyudi dan Ariani, Dewi. 2016. Model Pembelajaran Menulis Cerita. Bandung: Refika Aditama.

Suparno dan Muhammad Yunus.2008.Ketrampilan Dasar Menulis. Jakarta:Universitas Terbuka.

Syamsi, Kastam. 2002. Peningkatan Keterampilan Siswa Sekolah Dasar dalam Menulis (Penelitian Tindakan). Laporan Penelitian. IKIP Yogyakarta.

Sulipan.2008.PenelitianTindakanKelas. diambil dari http://www.profesiguru.com/ pdf/penelitian%20tindakan%20kelas-siln%20dan%20kti.pdf. tanggal 17 Agustus 2022.

Tompkins, Gail E. dan Kenneth Hoskisson. 1995. Language Arts Contents and

Teaching Strategies. New Jersey: Englewood Clifts.

Triyono.2008.Penelitian Tindakan Kelas: Apa dan Bagaimana Melaksanakannya?. Banyumas: Seminar Guru-guru se UPDT Sumpiuh, Banyumas, 24 Agustus 2022.

SEKOLAHKU: Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf melalui Metode Reflection Siswa Kelas V dari laman (faridaoumie.blogspot.com) diakses pada 10 November 2022.

Downloads

Published

2023-05-04

How to Cite

Fitri Ayu, Devi Anggriani, & Nizamuddin Nizamuddin. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH MELALUI “PROCESS APPROACH” PADA SISWA/I SMA PANCA BUDI . ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2), 21–33. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i2.8797