Pengaruh Metode SQ3R Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme Kelas V

Authors

  • Tazkiya Indah Fadila Universitas Pendidikan Indonesia
  • Budi Susetyo Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37304/enggang.v3i2.8936

Keywords:

Anak gangguan spektrum autisme, Metode SQ3R, Keterampilan membaca pemahaman.

Abstract

Membaca berperan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan alat komunikasi bagi kehidupan manusia serta bertujuan untuk mencari dan memperoleh informasi. Agar tercapainya tujuan di atas maka diperlukan keterampilan membaca pemahaman. Membaca pemahaman bertujuan untuk memperoleh informasi dari suatu bacaan secara menyeluruh agar pembaca mampu menghubungkan informasi yang dimiliki dengan informasi yang baru diketahuinya, oleh karena itu membaca pemahaman harus diajarkan kepada setiap anak. Namun tidak semua anak dapat memahami isi bacaan dengan mudah, salah satunya anak dengan gangguan spektrum autisme karena anak menghadapi hambatan kognitif yang mencegah mereka memahami isi bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Survey, Question, Read, Recite and Review (SQ3R) dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bagi anak dengan gangguan spektrum autisme. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR), dengan desain A-B-A. Penelitian ini menggunakan desain A-B-A karena penelitian ini ingin melihat apakah ketika anak tidak lagi diberikan intervensi akan berdampak kepada keterampilan membaca pemahamannya. Penelitian ini menggunakan analisis dalam kondisi dan antar kondisi yang digambarkan dalam bentuk tabel dan gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca pemahaman anak dengan gangguan spektrum autisme kelas 5 di SDN 61 Payakumbuh memperoleh kenaikan, ini dapat dibuktikan dari kecenderungan stabilitas pada mean level A1 yakni 43%.  Lalu terjadi kenaikan saat diberikan intervensi (B) yang mana mean levelnya 70% dan setelah diberikan intervensi yaitu kondisi A2 mean levelnya 72%. Sehingga dapat disimpulkan metode SQ3R berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman anak dengan gangguan spektrum autisme.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. (2017). Meningkatkan Keterampilan Membaca MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS XI KECAMATAN BONTONOMPO , KABUPATEN GOWA IMPROVING READING SKILLS OF XI ~ 6 SCIENCE STUDENTS THROUGH SQ3R METHOD SMA NEGERI 1 BONTONOMPO , BONTONOMPO DISTRICT , GOWA REGENCY M. Jurnal Nalar Pendidikan Volume, 5(1), 55–63.

Halimah, A. (2015). Pengaruh metode sq3r terhadap kemampuan membaca pemahaman. Auladuna, 2(2), 201–220. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/877

Iswari, M. (2007). Pendidikan Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Repository.Unp.Ac.Id. http://repository.unp.ac.id/1019/1/MEGA ISWARI_286_09.pdf

Kaban, S., & Lutmila, T. (2015). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas V SDN Pondok Labu 12 Pagi Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah PGSD, 7(2), 5.

Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8

Maesaroh, S. (2021). Sq3R Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Nonfiksi. Indonesian Journal of Education and Learning, 4(2), 469. https://doi.org/10.31002/ijel.v4i2.3137

Mawaria, M. (2019). Implementasi Metode SQ3R dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa SDN 135 Rejang Lebong. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 177. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i2.663

Munaji. (2021). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Metode Sq3R Siswa Kelas V Sdn 2 Rampa Kecamatan Pulau Laut Utara. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 126–140. https://doi.org/10.33659/cip.v9i1.194

Downloads

Published

2023-05-04

How to Cite

Tazkiya Indah Fadila, & Budi Susetyo. (2023). Pengaruh Metode SQ3R Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme Kelas V. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2), 49–54. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i2.8936