Pengembangan Website Jaringan Dokumentasi Dan Informasi Hukum (JDIH) Kabupaten Katingan Menggunakan Framework Laravel

Authors

  • Mitchel Christian T. Singaraca Jurusan Teknik Informatika, Univesitas Palangka Raya
  • Septian Geges Jurusan Teknik Informatika, Univesitas Palangka Raya
  • Ariesta Lestari Jurusan Teknik Informatika, Univesitas Palangka Raya
  • Felicia Sylviana Jurusan Teknik Informatika, Univesitas Palangka Raya

Keywords:

Website, JDIH, Waterfall, Laravel, WebQual 4.0

Abstract

Kabupaten Katingan membangun Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) yang memberikan akses mudah ke informasi hukum. Dalam rangka penilaian kinerja pemerintahan daerah oleh pemerintah pusat, website JDIH perlu dikembangkan ulang untuk meningkatkan transparansi dan kualitas layanan. Pengembangan ulang melibatkan perbaikan desain, teknologi, dan penyesuaian dengan pedoman pemerintah, termasuk migrasi dari framework Laravel. Ini bertujuan agar website JDIH dapat memberikan akses yang lebih baik dan mendukung penilaian kinerja yang lebih akurat oleh pemerintah pusat.

Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam perancangan dan pembuatan website ini dengan menggunakan metode Waterfall. Urutan dalam Metode Waterfall dimulai dari proses perencanaan, analisa, desain, dan implementasi pada sistem. metode waterfall dengan tahapan, yaitu tahap analisa kebutuhan yang digambarkan menggunakan flowchart, desain sistem digambarkan melalui UML (Unified Modelling Language) dan database, penulisan kode program dengan bahasa pemrograman yang digunakan yaitu HTML, PHP, CSS, Bootstrap, Javascript, Framework Laravel dan MySQL. Serta pengujian program menggunakan metode Blackbox.

Penelitian ini menghasilkan pengembangan Website JDIH Kabupaten Katingan menggunakan Framework Laravel dengan metode Waterfall. Dengan adanya website ini dapat mempermudah masyarakat mencari informasi hukum dengan fitur produk hukum, relaas pengadilan, dan penanganan perkara. Pernyataan diatas didukung dengan pengumpulan data yang dilakukan dengan pengisian kuesioner, dimana pertanyaan dibuat menggunakan metode WebQual 4.0. Selanjutnya dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas terhadap hasil kuesioner yang telah dikumpulkan dengan total 151 responden, dilakukan analisis data dengan menggunakan software JASP. Hasil dari pengujian menunjukan valid dan reliabel.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-31